PIRU, Siwalimanews – Pimpinan DPRD Seram Bagian Barat dan Kota Ambon dilantik dalam rapat paripurna, di dua lokasi berbeda Jumat (18/10).

Di kabupaten dengan tajuk Saka Mese Nusa, Andreas Hengky Kolly dari PDI Perjuangan dilantik menjadi Ketua DPRD SBB periode 2024-2029. Dirinya menggantikan Abdul Rasyid Lisaholit dari Partai Hanura.

Selain Andreas, pengambilan sumpah janji juga dilakukan kepada Arifin Podlan Gresya dari Partai Nasdem (wakil ketua I), Abdul Rauf Lumamina dari Partai PAN (wakil ketua II).

Prosesi pengambilan sumpah dan janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopo Julianti Wattimury berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor: 1764 Tahun 2024 dan dilanjutkan dengan penan­datanganan berita acara.

Pelantikan tersebut dilakukan dalam rapat Paripurna  dihadiri oleh Penjabat Bupati Achmad Jais Ely, forkopimda, Sekda Leverne Tuasuun, anggota DPRD Maluku dan kabupaten, pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya di ruang Rapat Kantor DPRD, Jumat (18/10).

Baca Juga: Parah! RSUD Haulussy Kehabisan Obat

Ketua DPRD dalam sambutan mengatakan akan menjalankan amanah amanah yang telah dipercayakan dari pimpinan partai politik maupun masyarakat SBB.

“Kami selaku pimpinan akan menjalankan dengan penuh tanggungjawab. Ini tidaklah mudah dan pastinya akan selalu mene­mukan hambatan dan tantangan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Penjabat Bupati Ely dalam pidatonya me­ngatakan dengan diambil sumpah janji sebagai pimpinan DPRD SBB Periode 2024-2029 akan mengem­bang tugas baru sebagai pimpinan.

“Kita semua berharap Ketua DPRD yang baru dapat melaksa­nakan tugas yang dipercayakan dengan sepenuh hati, dengan tetap meminta petunjuk Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa serta senantiasa berpegang pada pilar-pilar utama kebangsaan kita,” tegasnya.

Ganti Toisuta

Sementara itu, dihari yang sama, tiga pimpinan DPRD Kota Ambon juga dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Klas I Ambon, Nova Loura Sasube, Jumat (18/10).

Ketua DPRD Kota Ambon dipim­pin Moritz Tamaela dari Nasdem. Ia menggantikan ketua sebelumnya Ely Toisuta (Golkar) yang kini bertarung di Pilwalkot Ambon.

Selain Moritz, juga dilantik Wakil Ketua I Gerald Mailoa (PDI Perjuangan) dan Wakil Ketua II Patrick Moenandar (Perindo).

Rapat paripurna pelantikan pimpinan DPRD Kota Ambon dipimpin Ketua I Sementara DPRD Kota Ambon, Lucky Leonard Upulatu Nikijuluw, yang ber­langsung di ruang rapat utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Jumat (18/10).

Prosesi itu juga dihadiri Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya, forkopimda, pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. (S-18/S25)