AMBON, Siwalimanews – Direncanakan, Jumat (18/10) mendatang, pimpinan definitif DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 akan dilantik.

Ketua Sementara DPRD Kota Ambon Mourits Tamaela kepada wartawan di Ambon, Selasa (15/10) mengaku, untuk proses pelantikan pimpinan definitif, sudah ada surat masuk.

“Rencananya pelantikan pimpinan definitif dilakukan Jumat nanti. Itu sesuau surat masuk,” beber Tamaela.

Ia menjelaskan, sesuai surat yang diterima, mereka yang akan dilantik, yakni dirinya dari Partai Nasdem sebagai Ketua, kemudian Gerald Mailoa dari PDIP sebagai wakil ketua I dan Patrick Moenandar dari Perindo sebagai wakil ketua II.

“Nama-nama ini seperti yang diusulkan oleh Parpol masing-masing sebelumnya dan sudah disampaikan dalam paripurna beberapa waktu lalu,” ucap Tamaela.

Baca Juga: Pelestarian Nilai Budaya Jadi Konsen Pasangan Lawamena

Setelah pelantikan pimpinan definitif nanti kata Tamaela, selanjutnya akan dilakukan pembentukan alat kelengkapan dewan,  masa bakti 2024-2029, dimana AKD sendiri terdiri dari pimpinan DPRD, komisi, badan musyawarah, Bapemperda, badan anggaran, badan kehormatan dan alat kelengkapan lainnya.

“Setelah pembentukan AKD, barulah aktivitas DPRD mulai berjalan normal. Kita juga sudah banyak surat masuk yang harus kita bahas dan tindaklanjuti sebagai wakil rakyat,” tandas Tamaela.(S-25)