AMBON, Siwalimanews – Masih dalam suasana HUT TNI ke-79, Kodam XV Pattimura, menggelar kerja bakti pembersihan lingkungan Pasar Mardika, Ambon,  Selasa (8/10).

Aksi bersih-bersih lingkungan pasar ini, dipimpin Danrem 151 Binaiya Brigjen Antoninho Rangel da Silva, dengan melibatkan Trimatra TNI, pemda serta komponen masyarakat.

Aksi ini merupakan bentuk keterlibatan nyata TNI dalam pemeliharaan lingkungan sekitar. Semangat gotong-royong, tampak jelas dalam setiap langkah yang diambil untuk meningkatkan kualitas pasar sebagai pusat ekonomi lokal, kegiatan ini juga, bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan, agar mencegah datangnya penyakit.

Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo dalams ambutannya yang dibacakan Danrem mengatakan, Kerja Bakti TNI merupakan implementasi pembangunan yang berlandaskan UU RI Nomor 34 tahun 2024 tentang TNI, yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kegiatan ini bertujuan, untuk mendukung pemda dan memberdayakan wilayah pertahanan, serta membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Diperlukan koordinasi dan solidaritas antara unsur TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut, “ujarnya.

Baca Juga: Akhir Oktober KPU Gelar Debat Publik Paslon Gubernur Putaran Pertama

Menurutnya TNI harus ikut berperan aktif dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah langkah preventif terhadap perubahan dan kerusakan yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. “Mari, kita menjadi pelopor dalam melaksanakan Karya Bakti ini dengan semangat dan gembira, demi lingkungan yang bersih serta masyarakat yang sehat,” ajak Danrem.

Turut hadir pejabat pada kegiatan tersebut diantaranya, Kasi Ter Kasrem 151/ Kolonel Inf DC Soumokil, Waaster XV/Pattimura Letkol Arm Budi Satria, serta Kepala Bidang Disperindag Provinsi Maluku Yaya Kotta. (S-10)