AMBON, Siwalimanews – Memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun 2024, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku -Maluku Utara melakukan kunjungan ke sejumlah pelanggan di Kota Ambon, Rabu (4/9).

Salah satu pelanggan yang di­kunjungi yakni ke Swiss-Belhotel Ambon.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku -Maluku Utara Awat Tuhuloula, melalui Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Maman Sulaeman, di Hari Pelanggan Nasional ini, PLN terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan khu­susnya mengenai suplai dan keada­an listrik yang dinikmati oleh para pelanggan.

“Salah satunya dengan turun langsung ke lokasi, seperti yang dilakukan dengan hotel bintang empat di Kota Ambon ini,” ungkap­nya, kepada wartawan, di sela-sela kunjungan tersebut.

Dikatakan, komitmen pelayanan kepada pelanggan yang terus di­berikan PLN juga termasuk suplai listrik untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Pemda SBB Usulkan Kenaikan APBD Perubahan

“Di tahun ini kita juga terus me­ningkatkan fasilitas kelistrikan khususnya untuk kendaraan listrik,” katanya.

Setiap tahun, kata dia,  PLN terus memberikan penambahan infra­struktur untuk kendaraan listrik secara umum. Hingga kini, tercatat ada 11 infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan listrik yang terse­bar di Maluku dan Maluku Utara.

“Bulan kemarin kita sudah me­nambah lagi satu stasiun pengisian baterai listrik umum yang akan digunakan untuk motor kendaraan listrik. Jadi bisa ganti baterainya se­cara cepat tidak perlu ngecas lagi tinggal ganti baterai saja dengan yang baru,” bebernya.

Dikatakan, selain swissbell hotel, pada hari pelanggan nasional, PLN juga akan mengunjungi para pelang­gan potensial lainnya. Baik pihak perusahaaan, rumah sakit, bahkan UMKM.

“Kita juga akan ada kunjungan ke pelanggan-pelanggan listrik kami yaitu ke PT Minion, kemudian Ru­mah Sakit Siloam, kemudian UMKM juga akan kita lakukan di daerah Batu Merah, termasuk terakhir kita akan ketemu dengan pejabat gubernur sambil menunggu kedatangan beliau dari Jakarta,” sebutnya.

Kunjungan kepada para pelang­gan, lanjut Maman, dilakukan untuk lebih mengakrabkan lagi hubungan yang selama ini sudah terjalin de­ngan baik. “Supaya kita bisa terus tingkatkan dan kita bisa lakukan kegiatan kegiatan untuk lebih ber­sama-sama demi kepentingan dan tujuan kepada masyarakat umum bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini PLN Maluku-Malut telah memiliki sekitar 820 ribu pelanggan dan Swiss-Belhotel merupakan salah satu pelanggan terbesar di pulau Ambon.

General Manager Swiss-Belhotel Ambon, I Ketut Gunarta mengata­kan, telah menjalin kerjasama yang Baik dengan perusahaan listrik milik Negara itu.

“Dari Swiss-Belhotel kami berte­rima kasih sekali kepada PLN. Jadi hubungan kami sangat erat sekali, segala sesuatu yang kami butuh, bantuan sangat cepat sekali, respon­nya dan diselesaikan juga dalam waktu yang cepat. Jadi cukup baik sekali, jadi kami merasa sangat terbantu dengan adanya PLN,” ungkapnya.

Diakuinya, saat ini pihak sudah menggunakan kompor induksi untuk keperluan perhotelan, baik di dapur maupun di restoran.

“Jadi beberapa chef kami meng­gunakan kompor induksi, bahkan yang terkahir kami beli lagi sekitar 15 power untuk menggantikan ba­han bakar sebelumnya ke listrik,” ungkapnya.

Dirinya juga mengaku telah menggunakan PLN Mobile untuk mengecek besaran biaya pemakaian listrik.

Turut hadir dalam kegiatan kun­jungan tersebut SRM Niaga dan Manajemen Pelanggan Zulfahmi Arifin, Manager Pelayanan Pelang­gan Deddy Kusuma Wardana, Manager Pemasaran Niaritsa Latu­peirissa dan Manager ULP Ambon Kota. (S-08)