AMBON, Siwalimanews – Muhammad Aris Sugiharto Soedarsono Soulisa, anak  Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa dan Tagop Soulisa, eks Bupati Bursel, merupakan salah satu Caleg PDI Perjuangan yang turut mendongkrak perolehan suara PDI Perjuangan di Kota Ambon.

Diketahui, Aris dicalonkan PDI Perjuangan dari Dapil II (Sirimau II) pada Pileg 2024 yang berlangsung 14 Februari kemarin.

Dari data yang diperoleh Siwalima, Aris dengan nomor urut 5, berhasil meraih perolehan suara tertinggi dari 8 Caleg PDI Perjuangan lainnya yang ada di Dapil II, yakni 1.759 suara.

Diketahui, bahwa selama ini PDI Perjuangan tidak memiliki kursi dari dapil Ambon II. Kehadiran Aris merupakan yang pertama kali bagi PDI Perjuangan memperoleh kursi DPRD Kota Ambon.

Dengan ini, maka kehadiran Aris menutupi kekurangan PDI Perjuangan di Kota Ambon pasca hilangnya 1 kursi dari Dapil Ambon III yakni Kecamatan Nusaniwe.

Baca Juga: Saksi Minta Pleno KPU Aru Ditunda

Selama ini, dapil Ambon III selalu menghadirkan dua kursi bagi PDI Perjuangan.

Hasil Pileg 2019-2024, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Ambon, Gerald Mailoa dan James Richard Maatita berhasil lolos dengan perolehan suara tertinggi.

Namun hasil Pileg 2024, perolehan suara kedua incambent ini menurun drastis sehingga hanya akan menghasilkan satu kursi yang kabarnya akan diduduki Gerald Mailoa. Ditambah dapil Ambon I Lucky Nikijuluw dan dapil Ambon IV Criients Aldi Sarimanella yang merupakan pendatang baru menggeser petahana, Jafry Taihuttu. (S-25)