AMBON, Siwalimanews – Pendaftaran calon kepala daerah baik gubernur maupun wakil gubernur serta bupati dan walikota resmi ditutup oleh KPU, Kamis (29/8) tepat pukul 23.59 WIT.

Untuk Calkada Gubenrur dan Wakil Gubenrur sampai dengan penutupan, terdapat tiga bacal paslon yakni, paslon Murad Ismail-MicHael Wattimena, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath dan paslon Jeffry Apoly Rahawtin-Mukti Keliobas.

Sementara untuk calkada Walikota dan Wakil Walikota Ambon ditutup dengan empat paslon yakni, pasangan Bodewin Wattimena, Elly Toisuta, Jantje Wenno – Syarief Bakrie Asyatri, Agus Ririmasse Novan Liem dan paslon Taddy Salampessy – Emilyh Dominggus Luhukay.

Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud didampingi komisioner lainnya dalam keterangan Persnya menjelaskan, tahapan pendaftaran sudah berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak 27 sampai 29 Agustus 2024. Dengan itu, total ada empat pasangan bakal calon yang mendaftar.

“Proses pendaftaran ini diikuti empat paslon Walikota-Wakil Walikota,”jelas Kaharudian, kepada awratwan, Jumat (30/8) dini hari.

Baca Juga: Deklarasi Maju Pilwalkot, Wenno Janji Benahi Ambon

Selanjutnya kata Kaharudin, berkas mereka akan diteliti kemudian ditetapkan sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029, pada 22 September 2024 mendatang.

MBD

Sementara untuk calkada Bupati dan Wakil bupati MBD ditutup dengan tiga psangan calon yang mendaftar. Ketiga paslon itu yakni, paslon Banjamin-Ary, Hendrik Christian-Hnegky Pelata dan palon Moshe Mahury-Jhon Uniplaita.

“Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya resmi ditutup, Kamis (29/8) pukul 23.59 WIT,” ungkap Ketua KPU MBD Yoma Naskay kepada Siwalimanews, Jumat (30/8) dini hari.

Ketiga paslon ini kata Naskay, akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Haulussy Ambon. Untuk pasangan Benjamin-Ary dan juga pasangan Hendrik Christian-Hengki Pelata akan melakukan pemeriksaan kesehatan, Jumat (30/8), dan paslon Moshe Maahury-Jhon Uniplaita akan melakukan pemeriksaan kesehatan, Senin (2/9).

Setelah pemeriksaan kesehatan kata Naskay, KPU akan menyelesaikan proses verifikasi administrasi, dan akan diketahui terkait dengan seluruh dokumen yang sudah diterima.

SBB

KPU SBB juga resmi mengumumkan penutupan pendaftaran calkada, Kamis (29/8) tepat pukul 23.59 WIT. Dimana lima paslon resmi mendaftarkan diri.

Kelima paslon itu masing-masing  Paslon Asri Arman – Selpianus Kainama dengan akronim AMANUSA, paslon Hatta Hehanussa – Stenly Salenussa dengan akronim HATI, paslon Fransiane Puttileihalat – Taher Bin Ahmad dengan akronim NUSAINA.

Selanjutnya paslon Timotius Akerina – Yudin Hitimala dengan akronim YAKIN dan paslon Richardo Atapary – Abd Rasyid Lisaholit dengan akronim BERSAMA.

Ketua KPU SBB Abuani Kasilaya kepada wartawan menjelaskan, beraks kelima paslon ini dinyatakan lengkap, dan sudah diberikan surat tanda terima untuk pemeriksaan kesehatan di RSU Leimena Ambon  pada, Jumat (30/8) pukul 07.00 WIT sampai selesai. Selanjutnya mereka akan masuk ke tahap penelitian berkas yang dilakukan terhitung 9 hari sejak hari terakhir pendaftaran.

“Dengan resmi penutupan pendaftaran, kami selaku penyelenggara dalam hal ini KPU SBB menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, partai politik, Bawaslu, TNI/Polri, Pers, PLN, dan instansi terkait yang turut berpartisipasi dalam mendukung proses pendaftaran sampai selesai,” ucap Abuani.(S-25/S-28/S-18)