AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku telah resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah selama tiga hari sejak 27-29 Agustus 2024.

Pembukaan pendaftaran dilaku­kan sesuai surat pengumuman No­mor 37/PL.02.2-Pu/81/2.1/2024 ten­tang pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024 dan ditandatangani Ketua KPU Maluku, M Shaddek Fuad.

Dua pasangan calon kepala daerah, Murad Ismail-Michael Wattimena serta Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath akan mendaftar hari ini, Rabu (28/8).

Sementara Jeffry Apoly Raha­warin-Abdul Mukti Keliobas memilih mendaftar di hari terakhir, Kamis (29/8).

JAR sapaan akrab Rahawarin ke­pada Siwalima melalui telepon se­lulernya, Selasa (27/8) mengatakan dirinya bersama pasangan Abdul Mukti Keliobas akan mendaftar ke KPU pada hari terakhir.

Baca Juga: Tiga Hari KPU Buka Pendaftaran Calkada

JAR menegaskan, saat ini pihak­nya tengah mengurus beberapa dokumen berkaitan dengan syarat pencalonan dan syarat calon yang disyaratkan KPU. “Kami rencana­nya mendaftar pada tanggal 29 Agustus atau hari terakhir,” ungkap Rahawarin.

Mantan Pangdam XVI Pattimura ini memastikan partai pengusung yakni PDIP,Hanura dan Nasdem akan mendampingi proses pendaf­taran di KPU Maluku.

Hal yang sama juga diungkapkan relawan JAR, Abbas Hanubun. Ha­nubun mengatakan, JAR akan me­makai hari terakhir untuk melakukan pendaftaran ke KPU Maluku.

Kata dia, sebanyak ribuan pendu­kung JAR-MK akan mengantarkan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku ini mendaftar di KPU Maluku.

“Tim JAR memilih daftar terakhir, dan ribuan pendukung akan meng­antarkan mendaftar, kami memang batasi namun karena keinginan pendukung untuk bersama-sama mengantarkan JAR-MK mendaftar di KPU Maluku,” ujar Hanubun kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (26/8) malam.

Untuk diketahui, JAR telah me­menuhi persyaratan untuk men­daftar di KPU Maluku, sebanyak 3 partai politik telah memberikan du­kungan kepada JAR-MK diantara­nya, PDIP dengan memiliki 8 kursi di DPRD Maluku. Selanjutnya, Nas­dem 6 kursi, Hanura 3 Kursi dengan total 17 kursi.

Hari Kedua

Berbeda dengan JAR-MK, pasa­ngan Hendrik Lewerissa dan Abdul­lah Vanath memilih melakukan pendaftaran di hari kedua atau tanggal 28 Agustus.

Wakil ketua DPD Partai Gerindra, Michael Papilaya mengungkapkan dengan pasangan HL- AV telah memenuhi syarat pencalonan karena didukung tiga partai politik.

“Sudah tiga partai politik yang memberikan dukungan kepada pasa­ngan HL-AV yaitu Gerindra, Perindo dan PPP dan telah memenuhi tujuh kursi sesuai yang disyaratkan,” ucap Papilaya kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (26/8).

Dengan adanya dukungan tiga partai tersebut pasangan HL-AV dipastikan akan mendaftar ke KPU Maluku pada tanggal 29 Agustus atau hari terakhir. “Tanggal 29 pasangan HL-AV akan mendaftar ke KPU,” terang Papilaya.

Untuk diketahui, HL-AV mendaf­tar di KPU dengan mendapatkan du­kungan dari Partai Gerindra mem­peroleh 5 kursi, Perindo 2 kursi dan PPP 2 kursi jadi total 9 kursi.

Hari Kedua

Selain pasangan HL-AV, pasangan Murad Ismail dan Michael Watti­mena dipastikan mendaftar ke KPU Maluku pada hari kedua, Rabu (28/8).

Kepastian waktu pendaftaran ini diungkap Sekretaris DPW PAN Provinsi Maluku, Haerudin Tuarita kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (26/8).

Tuarita menjelaskan pasangan Murad Ismail dan Michael Watti­mena dipastikan akan mendaftar dengan dukungan lima partai pengusung masing-masing PAN, PKS, PKB, Demokrat dan Golkar. “Kami rencanakan akan mendaftar di hari kedua tanggal 28 Agustus,” ujar Tuarita.

Ditanya soal adanya arak-arakan masa saat pendaftaran, Tuarita me­mastikan masih melakukan koordi­nasi terkait dengan aturan pasangan calon membawa pendukung saat pendaftaran.

“Prinsipnya semua sudah siap tinggal didaftarkan saja,” tegasnya.

Belum Ada Konfirmasi

Terpisah, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Maluku, Almunadzir Sangadji me­ngaku hingga saat ini belum men­dapatkan konfirmasi resmi terkait waktu pendaftaran.

Dijelaskan, KPU Maluku masih menunggu surat resmi dari pasa­ngan calon maupun tim pemenangan terkait pemberitahuan waktu pen­daftaran.

“Kalau dari informasi tidak resmi yang kami terima ada dua bakal pasangan calon yang akan mendaf­tar di hari kedua tapi nanti kita masih menunggu surat resmi pemberita­huan berkaitan dengan pendaftaran. Jadi tunggu surat resmi saja,” ucap Sangadji kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (27/8).

Sangadji menegaskan, KPU Maluku akan menerima pendaftaran selama tiga hari dimana pendaftaran di tanggal 27 dan 28 dibuka pukul 08.00-16.00 WIT sedangkan tanggal 29 KPU menerima pendaftaran dari pukul 08.00-23.59 WIT.

KPU berharap bakal pasangan calon dapat mendaftar pada hari pertama dan kedua agar jika ada dalam proses penyerahan dokumen pendaftaran ternyata belum lengkap maka dapat diperbaiki dalam masa pendaftaran.

“Kami minta bakal pasangan calon untuk memastikan kelengkapan se­suai persyaratan pencalonan sebab untuk syarat pencalonan langsung dinilai dokumen yang lengkap dan benar sedangkan berkaitan dengan syarat calon harus lengkap baru diterbitkan tanda terima,” jelasnya.

AR-JW Hari Kedua

Sementara itu di Kota Ambon, Jantje Wenno-Syarif Bakri Asyathri dan Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem, akan mendaftar dihari yang sama, yakni pada Kamis (29/8) atau di hari terakhir proses pendaf­taran di KPU Kota Ambon.

Paslon dengan slogan AMAN, akan mendaftar di KPU pukul 12.00 WIT. “Paket AMAN hari kamis jam 12 siang,”ujar Ririmasse kepada Siwalima melalui telepon seluler­nya, Selasa (27/8).

Sama halnya dengan Balon Walikota Jantje Wenno, yang akan mendaftar di hari terakhir, yakni Kamis (29/8), pukul 16.00 WIT atau jam 4 sore.

“Saya pendaftaran hari terakhir (Kamis red) jam 4 sore,”ujar Wenno.

Sedangkan Bodewin M Watti­mena dan  Ely Toisutta, kabarnya akan mendaftar di hari Rabu (28/8) besok, sekitar pukul 12.00 WIT.

Belum Daftar

Seperti di KPU Maluku dan Kota Ambon, juga di KPU MBD, hari pertama pembukaan pendaftaran belum ada pasangan calkada yang mendaftar.

Pantauan Siwalima, Selasa (27/8) se­kitar pukul 08.45 WIT pagi, di Kantor KPU Kabupaten MBD, per­siapan KPU MBD menyambut data­ngnya pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati MBD yang akan men­daftar telah maksimal atau secara baik.

Namun di hari pertama pasca pem­bukaan pendaftaran itu, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati ini belum ada yang mendaftar di KPU.

Ketua KPU Kabupaten Maluku Barat Daya, Yoma Naskay, mengakui hari ini 27 Agustus 2024 dilaksana­kannya pembukaan proses pen­daftaran. “Hari pertama ini belum ada pemberitahuan dari tim atau paslon terkait waktu untuk mendaftar. Jadi untuk hari pertama dipastikan belum ada yang mendaftar,” kata Yoma Naskay, kepada Siwalima di Kantor KPU MBD, Selasa (27/8).

Dikatakan, KPU MBD masih menunggu pemberitahuan. Karena sesuai ketentuan kan satu hari sebelum hadir untuk melakukan pendaftaran diberitahukan lewat surat.

“Untuk hari pertama dan kedua pembukaan pendaftaran dari jam 08.00 WIT sampai pukul 16.00 WIT atau jam 4 sore sedangkan hari ketiga dimulai dari jam 08.00 WIT sampai pukul 23.59 WIT,” tambahnya.

Hari Ini MD Daftar

Di Kabupaten Maluku Tengah, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malteng, Mirati Dewa­ningsih-Daniel Nirahua dipastikan menjadi kandidat Bacalkada Mal­teng pertama yang akan mendaftar di KPU Malteng, Rabu (28/8) besok.

Kepastian ini ditegaskan Koordi­nator Devisi (Kordiv) Teknis Penye­lenggara Pemilu,KPU Malteng, Abdul Aziz Latuconsina kepada Siwalima melalui telepon seluler­nya, Selasa, (27/8).

“Sampai dengan sekarang, Selasa pukul 15.49 belum ada pasangan calon yang mengunjungi KPU untuk melakukan pendaftaran. Namun baru MD yang baru mengkonfirmasi KPU untuk mendaftar besok (Rabu-red),” ujarnya.

Latuconsina menjelaskan, KPU telah siap menerima pendaftaran Bacalkada Malteng, dia meminta para Bacalkada Malteng tidak mendaftar di hari akhir pendaftaran.

“Secara teknis KPU Malteng telah siap menerima pendaftaran Bacal­kada. Karenanya Kami menghimbau agar para kandidat pasangan calon tidak menggunakan waktu akhir atau batas waktu penutupan,” pin­tanya.

Untuk diketahui, Pilkada Malteng akan diikuti oleh paling sedikit 4 pa­sangan calon.

Selain pasangan Mirati Dewani­ngsih Tuasikal-Daniel Nirahua de­ngan akronim, Mandat yang didu­kung gabungan Parpol, Nasdem, PPP, PSI, Perindo dan Hanura. juga, terdapat Paslon lainnya, yang di­ketahui telah mengantongi tiket, B1 KWK untuk maju dalam suksesi kepemimpinan Malteng.

Mereka adalah, Zulkarnain Awat Amir-Mario Lawalatta yang didu­kung, Partai Golkar, Gerindra, De­mokrat, PKS dan PAN. Kandidat Bacalkada yang akronim dengan nama “KAWAL” itu, didukung koalisi gemuk Parpol peserta pemilu di kabupaten bergelar Pamahanu­nusa itu.

Selain KAWAL, terdapat dua poli­tisi muda yang tergolong punya nama besar dan kekuatan grassroot yang mumpuni. Mereka adalah, Andi Mu­na­swir Intan – Tina Welma Tetelepta.

Paslon yang dikenal dengan akronim, AMANAT ini didukung koalisi PDIP dan PKB. Meski hanya didukung dua parpol peserta pemilu di Malteng, namun jumlah syarat minimal kedua parpol itupun, dike­tahui bakal memuluskan Bacakada AMANAT untuk  berkontestasi di Pilkada Malteng.

Selain MANDAT, KAWAL dan AMANAT, juga terdapat Paslon lain yang didukung koalisi Parpol non seat yang ditengarai juga berpe­luang memuluskan calonnya untuk masuk arena pilkada Malteng.

Paslon  ini adalah Mantan Ketua DPRD Malteng,Ibrahim Ruhunussa-Liliane Aitonam. Nama kedua Bacalkada ini muncul bak surprise dunia perpolitikan Malteng.

Bagaimana tidak, nama Ruhu­nussa dan Aitonam sebelumnya, tidak lagi terdengar, serta bukan sebuah keniscayaan. Pasalnya, Ruhunussa baru saja terpilih seba­gai Anggota DPRD Provinsi Malu­ku, pada pileg February lalu dari Partai Amanat Nasional, Dapil Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kandidat yang dikenal dengan Poros baru itu, didukung Partai Ge­lora dengan jumlah suara sah 8.167 suara, PKN, 3.686 suara sah. Partai Buruh 3.669 suara. Partai Ummat 4.185 suara dan partai Garuda,1.681 suara.

SBT Belum Daftar

Sehubungan dengan pelaksanaan proses tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur dalam pemilihan kepala daerah serentak 27 November nanti.

Pantauan Siwalima di Kantor KPU SBT pada hari pertama Selasa (27/8) sekitar pukul 13- 55 WIT masih sepi belum ada satu pasangan Cabup dan Cawabup yang mendaftar

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati SBT, Arobi Kelian ketika dikonfirmasi Siwalima melalui pesan whatsappnya, Selasa. (27/8) mengaku belum mendaftar di hari pertama pembukaan pendaftaran.

“Kita nanti daftar tanggal 29, kita masih fokus urus surat yang diminta PKPU,” ujarnya.

Ketua KPU SBT Syarifudin Faud ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya mengatakan, belum ada paslon yang mendaftar di hari ini. “KPU SBT tetap menu­nggu saja siapapun yang datang mendaftar silahkan berkoordinasi dengan tim KPU SBT,” ujatnya.

Ditanya apakah sudah ada konfir­masi  dari paslon untuk melakukan pendaftaran, Syarifudin mengaku, pihaknya tetap menunggu  “Hari ini sampai pukul 16.00 WIT tidak ada paslon yang daftar,” ujarnya.

KPU SBB Sepi

Tak berbeda jauh dengan KPU Maluku, di KPU SBB juga terlihat sepi dari proses pendaftaran paslon Bupati dan Wakil Bupati.

Pantauan Siwalima, pendaftaran  hingga pukul 16.00 WIT, batas waktu pendaftaran tak ada satupun pasangan calon yang datang resmi mendaftar.

Kantor KPU yang beralamat di Ja­lan Trans Neniari Kecamatan Seram Barat, masih lengang atau sepi. Tak ada aktivitas pendaftaran sama se­kali, hanya terlihat beberapa petu­gas keamanan yang berjaga-jaga.

Padahal, di SBB sejumlah Paslon digadang-gadang bakal berkom­petisi di Pilkada serentak 2024 sete­lah adanya putusan baru dari MK terkait revisi undang-undang Pilkada.

Ketua Komisioner KPU SBB Divisi Keuangan dan Logistik, Abuani Kasilaya saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, untuk pendaftaran hari ini tadi sekitar jam 08.00 sampai pukul 16.00 WIT belum ada yang melakukan pendaftaran.

“Dengan belum adanya pendafta­ran sehingga kami melakukan skor­sing sampai besok jam 08.00 WIT di hari kedua di tanggal 28 Agustus,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk sementara yang memasukkan surat resmi untuk mendaftar besok Selasa (28/8) yakni paslon Asri Arman-Selfinus Kaina­ma (AMANUSA)  karena telah memberikan konfirmasi ke KPU.

“Sementara untuk paslon Timo­tius Akerina dan Yudin Hitimala (YAKIN) itu baru memberitahukan melalui surat tembusan kepada kami untuk melakukan pendaftaran besok,” jelasnya.

Ditegaskan, ada beberapa calon yang akan melakukan pendaftaran berdasarkan surat permohonan pembukaan akses ada 5 pasangan, tetapi yang memberikan konfirmasi secara resmi itu baru dua AMA­NUSA dan YAKIN.

Kasilaya mengharapkan, semua paslon segera memberikan informasi secara resmi kepada KPU, sehingga proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik dengan lancar.

Ia juga menegaskan, jadwal pen­daftaran pasangan calon tidak diten­tukan oleh KPU melainkan berdasar­kan jadwal yang diusulkan. Jika ter­dapat jadwal yang sama, maka KPU akan melihat pasangan calon mana yang lebih dulu bersurat resmi.

Pihaknya pun bakal melakukan pengaturan sebaik mungkin sehi­ngga tak ada hak yang tidak diingin­kan, kata dia, apalagi pendaftaran pasangan calon biasanya melibat­kan banyak orang atau massa.

KPU Aru Sepi

Tak berbeda jauh, di KPU Aru juga terlihat sepi. Hari pertama, Senin (27/8) sejak pukul 08.00-16.00 WIT terlihat sepi.

“Hari ini kami telah siap untuk tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, namun untuk hari ini belum ada yang daftar,” ungkap Ketua KPU Aru, Halati Mangar kepada warta­wan, Selasa (27/8) di ruang kerjanya.

Dikatakan, berdasarkan PKPU Nomor 10 tahun 2024 pendaftaran Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bu­pati akan dibuka 27 hingga 29 Agus­tus di Sekretariat KPU Kepulauan Aru. “Untuk jam pendaftaran di hari pertama dan kedua mulai pukul 08.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT. Sementara di hari ketiga mulai pukul 08.00 WIT hingga pukul 23.59 WIT,” jelasnya.

Dikatakan, selama tiga hari kedepan, KPU Kepulauan Aru akan siap menerima pendaftaran calon, dan berdasarkan informasi yang didapat ada dua pasangan calon yang akan mendaftar ke KPU Aru pada Rabu (28/8).

Mangar juga menyampaikan, dari dua pasangan calon tersebut, pihak­nya baru mendapatkan konfirmasi kedatangan mereka yakni paslon “Aru Maju” pada hari Rabu (28/8) jam 15.00 WIT.

“Hari pertama ini (Selasa 27/8) itu belum ada, tapi untuk paslon Timo­tius Kaidel dan Muhamad Djumpa mereka sudah mengkonfirmasi kedatangan mereka pada hari kedua, Rabu (28/8) jam 15.00 WIT. Ini dibuktikan dengan surat mereka kepada kami,” katanya.

Sementara disinggung mengenai keputusan MK tentang pilkada, ketua KPU Aru mengatakan bahwa terkait dengan keputusan MK setelah dibaca tidak ada perubahan yang signifikan, sehingga pihaknya menggunakan dengan perolehan surat suara sah saja.

“Dan rata-rata di Maluku dan kami di Kepulauan Aru menggunakan poin keduanya pada keputusan MK yang sudah kami terima tentang PKPU Nomor 10 Tahun 2024,” tandasnya.

Halati mengajak seluruh masyara­kat mengawal dan mewujudkan pilkada yang berkualitas, terinte­grasi, aman dan damai.

KKT Juga Sepi

Hari pertama Selasa (27/8) pembukaan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar sepi.

Menurut Ketua KPU Kepulauan Tanimbar, Christian Matruty kepada Siwalima, Selasa (27/8) melalui sambungan teleponnya mengungkap­kan, hingga sore pukul 16.00 WIT belum ada satupun pasangan calon yang mendaftarkan diri di KPU.

Matruty berharap, Bakal Calon Kepala dan pasangan segera men­daftarkan diri sehingga proses administrasi juga cepat tuntas.

“Pendaftaran inikan lebih kepada administrasi baik syarat syarat maupun hal lainnya berdasarkan ketentuan. Nah bagi pasangan calon sebaiknya cepat mendaftarkan diri, sehingga kami juga cepat dalam penilaian dokumen dokumen yang diminta sesuai aturan Pilkada,” ujarnya. (S-20/S-25/S-17/S-27/S-28/S-11/S-26)