AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon kembali mengingatkan warganya untuk datang berbelanja di pasar murah yang digelar di jalan Pantai Mardika, Selasa (27/8).

Program gerakan pangan murah ini sudah digelar Pemkot Ambon sejak bulan Juli lalu selalu mendapat apresiasi dari masyarakat.

“Program gerakan pangan murah bertujuan menjaga agar kestabilan pasokan harga guna mengendalikan inflasi pangan,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Ronald Lekransy, Senin (26/8).

Ia menyebut pasar murah akan dibuka pada pukul 08.00 WIT tepatnya di akses masuk ke PDAM, Kodam XV Pattimura.

“Gerakan pangan murah merupakan salah satu implementasi strategis gerakan nasional pengendalian inflasi pangan dengan menjaga daya beli masyarakat tetap terjangkau atas kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan harga,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua Saniri & Tua Adat Passo Demo Pemkot

Kegiatan ini juga lanjutnya di koordinasi langsung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon.

Harga kebutuhan yang disediakan di pasar murah juga lebih murah dibandingkan dengan yang di jual pedagang di Pasar Mardika.

Dirincikan untuk beras premium Rp 65 ribu/5kg, beras SPHP Rp61 ribu/5kg, telur ayam Rp 55 ribu/rak, minyak goreng Rp 14 ribu/liter, bawang merah Rp 23 ribu/kg, bawang putih Rp 35 ribu/kg, sayuran segar sawi, bayam, kang­-kung Rp6 ribu/ikat, cabe keriting Rp 35 ribu/kg, cabe rawit Rp 40 ribu/kg, ikan Rp15 ribu/tumpukan, gula pasir Rp 16 ribu/kg.

Untuk itu ia berharap, dengan disebarkan pemberitaan mengenai kegiatan ini maka upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan dapat dirasahkan oleh warga kota.

“Kita terus berupaya agar kegiatan ini berlangsung secara berkelanjutan lewat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Ambon, dengan semua pihak sehingga ketersediaan harga pangan tetap terkendali,” tandasnya.

Untuk diketahui berdasarkan rilis BPS Kota Ambon untuk Month to Month (M-toM) mengalami deflasi sebesar -1,53 (sebelumnya -0,06) sedangkan angka inflasi year on year (YoY) sebesar 3,17 (sebelumnya (4,29). (S-27)