AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil  tahun 2024.

Pendaftaran penerimaan CPNS yang mulai dibuka pada, Selasa (20/8) kemarin, untuk mengisi 1.264 formasi yang diberikan pemerintah pusat sesuai kebutuhan Pemkot Ambon.

Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya yang dikonfirmasi Siwalimanews di Ambon, Kamis (20/8) malam, membenarkan kalau pemkot resmi mengumumkan formasi disertakan syarat-syaratnya yang tertuang dalam surat edaran Nomor: 810/02/Peng/2024 tentang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemerintah Kota Ambon tahun 2024.

“Dalam surat edaran atau pengumuman itu sudah jelas seluruh persyaratan serta formasinya ada,” ungkap walikota.

Walikota merincikan, bahwa dari total 1.264 formasi ini, sebanyak 78 formasi dibutuhkan untuk tenaga kesehatan, sedangkan 1.186 untuk mengisi tenaga teknis.

Baca Juga: Bodewin Bakal Polisikan Pemilik Akun Tiktok Tahuri Maluku

“Penetapan kebutuhan CPNS Pemkot Ambon meliputi umum dan khusus. Artinya disabilitas juga dapat ambil bagian menjadi calon abdi negara,” ucap walikota.

Ia mengaku, untuk kebutuhan umum, diperuntukan bagi pelamar umum, sementara kebutuhan khusus penyandang disabilitas diperuntukan bagi pelamar penyandang disabilitas/kebutuhan khsus/memiliki kriteria.

“Yang khusus ini dirincikan lagi seperti, mampu melihat, mendengar, dan berbicara yang baik. Mampu melakukan tugas menganalisa, mengetik, menyampaikan pendapat dan berdiskusi dan terakhir mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda,” urai walikota.

Walikota juga mengingatkan, seluruh proses dalam pembukaan CPNS tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Untuk itu, walikota mengimbau dan mengajak semua putra-putri terbaik generasi muda Kota Ambon yang memenuhi persyaratan, dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hal ini tentu saja agar bisa meraih peluang kerja sebagai abdi negara di lingkungan Pemkot Ambon.

“Persiapkan diri dengan latihan seperti, computer assesment test (CAT) sehingga dapat memenuhi persyaratan passing grade. Jangan lupa berdoa, Tuhan pasti buka jalan di kesempatan ini,” tutur walikota.

Untuk diketahui, pendaftaran CPNS Pemkot Ambon dibuka sejak 20 Agustus 2024. Untuk lebih lengkap terkait prasyarat dan tata caranya dapat mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id.(S-29)