DOBO, Siwalimanews – Bupati Aru Johan Gonga meluncurkan program bupati kumpul lapisan masyarakat atau yang dikenal dengan Baku Sapa, Jumat (16/12).

Program yang diluncurkan di kawasan pasar rakyat Jargaria Dobo ini digagas oleh Kabag Humas dan Protokoler Setda Aru Erens Pieter M Kalorbobir, yang juga salah satu peserta pelatihan kepemimpinan administrator angkatan V pada BPSDM Maluku tahun 2022.

Bupati pada kesmepatan itu mengatakan, program ini merupakan salah satu program Pemkab Aru dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, untuk mewujudkan misi Kabupaten Aru 2021 – 2026 yakni Masyarakat Aru Yang Sejahtera, Adil Dan Bermartabat Melalui Pemantapan Pendidikan, Infrastruktur Perhubungan dan Ekonomi Kerakyatan.

Program ini, perlu dilakukan sebagai langkah strategis kreatif dan inovatif dalam menjawab kebutuhan layanan yang efektif, efisien dan akuntabel, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat kecil untuk menyampaikan usul/saran/kritik/laporan terkait pelayanan publik di lingkup Pemkab Aru.

“Tujuan program ini untuk mendapatkan aspirasi masyarakat sehingga kita benar-benar tahu keluhan yang disampaikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Pembangunan Pasar Transit Passo Bakal Kembali Diperjuangkan

Selain itu, untuk kebutuhan dimaksud, Pemkab Aru akan melaksanakan program ini sebagai media komunikasi dan informasi terbuka sekaligus kontrol sosial.

“Guna menunjang pelaksanaan, maka program ini, akan mulai dilaksanakan hari ini, Jumat (16/12) dan  selanjutnya akan dilaksanakan setiap hari Jumat pagi,” jelas Gonga

Olehnya, dirinya berharap dalam kegiatan tersebut, para staf ahli, asisten dan pimpinan OPD wajib mendampingi bupati dalam meresponi kebutuhan layanan, kritik atau saran yang disampaikan masyarakat.

Serta tidak mengagendakan kegiatan lain selama program uini berlangsung, kecuali atas ijin pimpinan dan diwakili oleh sekretaris dinas/badan atau kasubag dan wajib mengikuti dalam rangka percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik di Aru.

“Kegiatan ini harus dijalankan walaupun saya sewaktu-waktu melaksanakan tugas di luar daerah,” tandas bupati.(S-11)