PEMERINTAH Kabupaten Maluku Tengah mengap­resiasi deklarasi damai jelang Pilkada serentak 27 november mendatang.

“Kegiatan deklarasi ini merupakan momentum yang sangat penting dalam memastikan bahwa proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Maluku Tengah dapat berjalan dengan tertib, aman, dan damai,” tandas Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Silviana Mattemu saat menghadiri acara deklarasi damai jelang kampanye oleh Bawaslu Malteng di Masohi, pekan kemarin.

Deklarasi ini kata Sahubawa,  mencerminkan komitmen semua pihak, baik para kandidat, tim sukses, penyelenggara pemilu, maupun masyarakat, untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan kedamaian dalam setiap tahapan pemilihan.

“Atas nama pemerintah dae­-rah, saya sangat mengap­resiasi inisiatif dari Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Keterlibatan seluruh pihak dalam acara ini sama halnya dengan keterlibatan kita semua dalam menjaga ketertiban dan keda­maian selama masa kampanye untuk mewujudkan proses de­-mokrasi yang berkualitas. Proses kampanye adalah salah satu tahapan paling krusial dalam pemilihan umum, karena pada saat inilah masya­rakat dapat menilai program-program yang diusung oleh para kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati,” katanya.

Bupati mengajak semua ele­-men masyarakat,tim kampanye pasangan calon, pimpinan partai politik serta semua elemen lainnya, untuk turut mendukung semua proses kampanye agar dapat dipastikan seluruh tahapan pilkada di bumi Pamahanu-Nusa itu dapat berjalan dengan lancar aman dan damai.

Baca Juga: ASN Harus Netral Dalam Pilkada

“Mari kita pastikan agar kampanye yang dilaksanakan tidak diwarnai dengan provokasi, ujaran kebencian, ataupun tindakan yang merugikan pihak lain. Saya ingin mengajak kita semua, terutama para kandidat, tim kampanye, dan para pendukung, untuk tetap berpe­gang teguh pada prinsip kejuju­ran, sportifitas, dan tanggung jawab dalam mengikuti tahapan pemilihan. Kompetisi yang kita jalani ini adalah kompetisi untuk kebaikan bersama, untuk mewu­-judkan Maluku Tengah yang lebih maju dan sejahtera,” jelasnya.

Ia mengingatkan, mengingat­kan seluruh masyarakat untuk turut serta menciptakan suasana kondusif. Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang berpotensi memecah belah, dan selalu utamakan persatuan serta kesatuan.

“Kita semua adalah bagian dari masyarakat Maluku Tengah yang memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun daerah ini menjadi lebih baik. Mari jaga situasi yang kondusif. Jangan mudah terprovokasi dengan isu isu yang berpotensi memecah bela persaudaraan kita demi Malteng yang lebih maju di masa datang,” tukasnya. (S-17)