AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala minta kepada pemerintah daerah baik Provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah, serta aparat keamanan dari TNI dan Polri untuk melakukan langkah-langkah persuasif, menjelang pemulangan warga Kariu ke negeri asal mereka.

“Pemda Maluku dan Maluku Tengah dan aparat keamanan harus mengkonsolidasikan semua pihak agar proses ini bisa berjalan dengan baik,” tegas Sangkala kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (19/12) merespon gejolak yang masih terus terjadi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak menginginkan pemulangan warga Kariu terlaksana berjalan dengan baik.

Menurutnya, upaya konsolidasi perlu dilakukan oleh pemda menghadapi kepulangan warga Kariu, agar gejolak yang terjadi saat pemulangan mereka nanti, tidak semakin membesar, yang pada akhirnya upaya damai yang telah disepakati menjadi sia-sia.

“Saya harap Pemda Maluku dan Maluku Tengah bersama aparat keamanan TNI danPolri untuk membuka komunikasi dengan semua pihak, agar masalah ini bisa terselesaikan dengan baik,” usul Sangkala.(S-20)