AMBON, Siwalimanews – DPD PDIP Maluku memastikan, seluruh proses survei bakal calon kepala daerah tuntas dilakukan pada pekan depan.

Ketua PDIP Maluku Benhur Watubun menjelaskan, proses survei ini, telah dimulai sejak Idul Adha dan ditargetkan telah selesai saat ini. Namun, terget tersebut molor, lantaran beberapa daerah di Tenggara Raya belum tuntas proses survei yang dilakukan lembaga Survei View Data.

“Memang ikut jadwal sudah harus selesai, tapi karena kondisi geografis dan cuaca jadi mengalami keterlambatan, khususnya rata-rata di daerah Tenggara Raya,” beber Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (11/7).

Kendati mengalami keterlambatan, namun Watubun memastikan, pekan depan seluruh proses survei bakal calon kepala daerah telah tuntas dilakukan.

Tahapan selanjutnya pasca survei, akan dilanjutkan dengan focus group discussion sebagai sarana untuk mendengarkan masukan dari masyarakat terkait bakal calon kepala daerah yang akan diusung PDIP dalam pilkada serentak nanti.

Baca Juga: Masa Jabatan 110 Kades di MBD Diperpanjang

“Kenapa kita lakukan survei, karena kita ingin untuk mencermati sejauh mana kiprah dari masing-masing calon, sekalipun penyaringan sudah kita lakukan, supaya kita tahu calon itu punya isi kepala ada atau tidak,” tandas Watubun.

Watubun menegaskan, setelah semua tahapan dilakukan, maka PDIP Maluku akan menyerahkan seluruhnya ke DPP untuk memutuskan siapa calon kepala daerah yang akan diusung.(S-20)