AMBON, Siwalimanews – KPU Maluku memastikan, pekan depan seluruh logistik surat suara tiba di Ambon.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (9/10).

Fuad menjelaskan, proses pengadaan surat suara untuk jenis pemilihan gubernur dan wakil gubernur saat ini sudah mulai dilakukan pihak ketiga.

“Untuk surat suara pilkada gubernur saat ini sedang dilakukan pengadaan di Jakarta,” ujar Fuad.

Dijelaskan, pengadaan surat suara pilkada gubernur dilakukan sesuai dengan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap yakni, 1.332.149 ditambah 2.5 persen sebagai cadangan.

Baca Juga: Pekan Depan Pimpinan DPRD Kota Dilantik

Jumlah surat suara tersebut, telah sesuai dengan peraturan KPU RI dan petunjuk teknis guna memastikan tidak ada persoalan dikemudian hari. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan memantau langsung proses pengadaan surat suara, sehingga ditanggal 16 Oktober nanti boleh selesai.

“Target KPU itu tanggal 16 Oktober pengadaan logistik surat suara sudah harus selesai agar segera dikirim ke Ambon,” tutur Fuad.

Mantan Ketua KPU Kota Ambon ini memastikan, jika logistik telah tiba di Ambon, akan dilakukan penyortiran sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Ia berharap, logistik surat suara untuk pilkada bupati dan walikota segera selesai dan dikirim ke wilayah masing-masing agar dapat dilakukan penyortiran.

“Kalau surat suaranya tiba sesuai jadwal kan bisa dilakukan penyortiran dan kalau ada kerusakan dapat diselesaikan,” tandas Fuad.(S-20)