AMBON, Siwalimanews – DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku,  melakukan fit and proper test terhadap Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, khusus Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota dari 11 kabupaten/kota di Maluku.

Ini merupakan proses penyaringan tahap pertama usai penjaringan dan sosialisasi yang sebelumnya telah dilakukan oleh DPD.

Untuk penyaringan tahap pertama ini, dilakukan berdasarkan peraturan DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Nomor 01 Tahun 2024.

Dari jadwal yang diperoleh Siwalimanews, menyebutkan, penyaringan akan berlangsung selama 3 hari, dimulai pada Minggu (19/5) hingga Selasa (21/5), di Ambon, dengan menghadirkan seluruh Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Namun pada hari pertama, dimulai dengan 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Aru, yakni Haji Hadi Djumady Saleh (Balon Wakil Bupati), Muin Sogalrey (Balon Bupati), dan Temy Oersipuny (Balon Bupati).

Baca Juga: Terlibat Narkoba, Dua Polisi Ini Dituntut Ringan

Sementara Kabupaten SBB, Sahlan Heluth (Balon Bupati), Fransiane Puttileihalat (Balon Bupati), Timotius Akerina (Balon Bupati), Samson Atapary (Balon Bupati), Taher Bin Ahmad (Balon Wakil Bupati), dan Kabupaten MBD, Benyamin Thomas Noach (Balon Bupati).

Wakil Ketua Tim Penjaringan DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Robby Tutuhatunewa, kepada wartawan, Minggu (19/5) malam menjelaskan, sesuai dengan jadwal, dilakukan proses penyaringan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku dengan menghadirkan beberapa finalis dari DPD.

“Tahapan ini akan berjalan selama 3 hari, mulai Minggu kemarin, Senin hari ini dan Selasa (21/5) besok,”jelasnya.

Sementara untuk hari ini, Agustinus L Kilikily (Balon Wakil Bupati-MBD), Abd. Aziz Hentihu (Balon Bupati-Buru), M Daniel Rigan (Balon Bupati-Buru), Safitri Malik Soulissa (Balon Bupati-Buruh Selatan),  Frits Penehas Lesnussa (Balon Wakil Bupati-Bursel), Hemfri Lesnussa (Wakil Bupati-Bursel), Orpa Anselany Seleky (Wakil Bupati-Bursel), Hari Suharto Aghyaksa Tamher (Balon Walikota-Tual),  Baharudin Farawoman (Balon Walikota-Tual), Dharma Oratmangun (Bupati-KKT),  Adolof Bormasa (Bupati-KKT).

Dan Selasa besok, untuk Kota Ambon, ada Tadi Salampessy (Walikota), Jantje Wenno, Agus Ririmasse, Bodewin M Wattimena dan Muhamat Marasabessy (Bupati-Malteng), Miranti Dewaningsih (Bupati-Malteng), Jamaludin Koedoeboen (Bupati-Malra), Petrus Beruatwarin (Bupati-Malra), M Taher Hanubun (Bupati-Malra), Esebius Utha Savsafubun (Bupati-Malra) dan Jemmy Pattiselano (Bupati-SBT).

Diketahui, penyaringan tahap I bertujuan untuk mendapatkan gambaran kesiapan para kandidat terkait sejumlah aspek penting, antara lain meliputi: kepemimpinan yang visioner dan progresif, kemampuan memetakan persoalan dan memiliki solusi yang tepat terhadap berbagai persoalan di daerahnya.

Pada penyaringan tahap I ini, kandidat akan diminta penjelasan dan gambaran terkait beberapa hal pokok, yakni: visi kandidat dalam membangun kabupaten/kota berdasarkan pengetahuan dan penguasaan kandidat tentang wilayahnya, komitmen kandidat bagi PDI Perjuangan di daerah, serta gambaran kesiapan dan peluang kandidat dalam memenangkan Pilkada. L

Seluruh hasil penyaringan tahap pertama ini akan disampaikan sebagai pertimbangan kepada DPP PDI Perjuangan di Jakarta.(S-25)