MASOHI, Siwalimanews – Sejumlah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Maluku komitmen untuk menjaga kampanye damai menuju pesta demokrasi 27 November mendatang.

Komitmen ini disampaikan sejumlah paslon Bupati Dan Wakil Bupati dalam kegiatan dekrasi kampanye damai, Rabu (25/9).

Di Kabupaten Maluku Tengah, smpat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati empat paslon yaitu Mirati Dewaningsih-Daniel Nirahua (MANISE), Ibrahim Ruhunussa-Liliana Aitonam,(NUSAINA), Andy Munaswir-Tina Welma Tetelepta (AMANAT), Zulkarnain Awat Amir-Mario Lawalata (KAWAL), ditandai, dengan penanda tanganan komit­ment bersama “jaga Kampanye Damai” pada deklarasi damai yang digelar KPU Kabupaten Malteng di Lapangan Nusantara Masohi, Rabu (25/9).

Ketua KPU Malteng, Abdurahim Lesnussa dalam arahannya menye­butkan, pilkada adalah momentum demokrasi rakyat untuk memilih calon pemimpin daerah sesuai pilihan rakyat. Karenanya, pelak­sanaan seluruh tahapan termasuk kampanye hingga hari pe­mungutan suara, mesti berjalan dalam suasana aman, tertib dan damai.

Ketua Bawaslu Malteng, La Amisuri menegaskan hal yang sama. Dia meminta penyelenggara teknis pilkada, seluruh paslon, pemerintah maupun masyarakat memiliki ke­wajiban untuk menjaga, mensuk­seskan seluruh tahapan pilkada di Kabupaten Malteng.

Baca Juga: Jumlah DPT Pilkada Alami Pengurangan

“Sukses tidaknya pesta demo­krasi ini adalah tanggung jawab kita semua. KPU, Bawaslu, seluruh pasangan calon, pemerintah bahkan masyarakat berkewajiban menjaga Iklim demokrasi ini, agar dapat dipastikan pilkada serentak di bumi Pamahanu Nusa berjalan dalam suasana damai, aman, lancar dan tertib,” ujarnya.

Hadir dalam acara itu Pj Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, seluruh Forkopimda, para pimpinan partai politik, tokoh agama, tokoh masya­rakat serta sejumlah tokoh pemuda.

Dua Paslon Sepakat

Sementara itu di Kabupaten Kepulauan Aru, dua paslon Bupati dan Wakil Bupati sepakat melak­sanakan kampanye damai.

Deklarasi kampanye yang digelar KPU Aru berlangsung di Lapangan Yos Sudarso Dobo, dihibur oleh artis, Toton Caribo, Wily Sopacua, dj. Kenza Trona dan MC Filaz, Rabu (25/9).

Pelaksanaan deklarasi kampanye damai dihadiri Ketua KPU Aru, Halati Mangar bersama empat komisioner lainnya, sekretaris KPU Aru, Paulina Talutu, Komisioner Bawaslu, Yadi Salay, kedua pasangan calon bupati, nomor urut 1, Temy Oersipuny, M.Si-Hady Djumaidy Saleh (Teman Juang), dan Paslon nomor urut 2, Timotius Kaidel- Muhamad Djumpa, M.Si.

Ketua KPU Aru, Halati dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan PKPU 13 tahun 2024 tentang kampanye Gubernur, Bupati dan Walikota, maka sangat penting KPU melakukan deklarasi kampanye damai.

Dia mengharapkan, agar pilkada serentak di Aru dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, untuk itu dibutuhkan kerja sama seluruh elemen guna menjaga dan menyuseskan pilkada di Aru.

Dia meminta masyarakat dapat menikmati pesta demokrasi dengan sukacita dan tidak saling menjatuhkan satu dengan yang lain, dapat menjaga kondisi kamtibmas selama pilkada berlangsung dengan aman, tertib dan amanah.

Sementara itu Bupati Aru, Johan Gonga dalam sambutannya mengharapkan agar menjadikan momentum ini untuk membangun koordinasi pemilu yang harmonis demi mewujudkan pilkada yang aman, damai jujur, adil dan terbuka.

Selain itu, lanjut dia, deklarasi kampanye damai tetap menjunjung sifat kebangsaan untuk menjadikan pemilu yang berintegritas.

“Sebagai pemerintah, kami berharap agar kita semua tetap menjaga iklim pilkada dapat berjalan dengan aman dan kondusif di lingkungan masing-masing. Kami juga mengharapkan agar seluruh masyarakat marilah kita saling mengajak untuk seluruh masyarakat agar dapat menja­lankan haknya dengan sebaik-baiknya,” katanya. (S-17/S-11)