TIAKUR, Siwalimanews – Pasukan pengibaran bendera daerah Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2024 yang akan bertugas pada HUT Kemerdekaan RI ke-79, mulai melakukan pemutasan latihan.

Pemusatan latihan itu dibuka oleh Pjs Sekda Daud Reimialy di salah satu penginapan di Kota Tiakur, Jumat (2/8).

Bupati MBD Benjamin Thomas Noach dalam sambutannya yang dibacakan Pjs Sekda mengatakan, menjadi seorang Paskibra, merupakan sebuah kebanggaan dan tanggungjawab yang besar.

“Apalagi adik-adik merupakan generasi muda penerus bangsa yang mempunyai tanggungjawab untuk mempertahankan integritas bangsa dan negara dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa ini,” ujar bupati.

Oleh karena itu kata bupati, sebagai bagian dari generasi pewaris dan generasi penerus pembangunan, adik-adik juga dituntut untuk senantiasa disiplin, meningkatkan kemampuan dan bekerja keras, agar dapat memenangkan persaingan global untuk mengisi kemerdekaan di negara ini.

Baca Juga: Dewan Pers Ingatkan Penyelenggara Pilkada tak Sembunyi Informasi

“Saya harap apa yang diperoleh selama mengikuti diklat ini nanti. Baik pengetahuan maupun kedisiplinan hendaknya dapat terus dipertahankan dan dikembangkan. Karena Kabupaten MBD dan bangsa ini sangat membutuhkan sosok generasi muda yang berintegritas dan berkarakter,” tandas bupati.

Selain itu kata bupati, calon anggota Paskibra Kabupaten MBD tahun ini juga, harus menjadi generasi yang memiliki masa depan berkualitas dan miliki ilmu pengetahuan serta teknologi.

Pasalnya, menjadi generasi yang memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh dan pantang menyerah, dapat memberi kemajuan dan kejayaan bagi Kabupaten MBD maupun bangsa dan negara tercinta ini.

“Jadilah unjung tombak dalam membangun semangat Bhinneka Tunggal Ika. Tetap tatap pandang jauh kedepan, ayun langkah bersama serta bangun terus semangat satu nusa satu bangsa dan satu bahasa dalam menepaki perjalanan menuju masa depan yang lebik,” himbau bupati.

Bupati berharap, calon Paskibra MBD selalu menjaga kesehatan selama mengikuti diklat ini. Ikutilah semua petunjuk yang diberikan para pelatih sehingga siap dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang akan diembankan dalam pelaksanaan upacara kenaikan dan penurunan bendera merah putih pada HUT Kemerdekaan RI ke-79.

“Jadilah seperti lilin yang memberi terang kebaikan bagi sesama terlebih bagi sesama generasi muda di MBD. Siapkan diri menjadi putra putri bangsa yang unggul, berkualitas, berintegritas dan berkarakter serta berdaya saing, sebagaimana yang kita cita-citakan bersama dalam membangun Kabupaten MBD lebih baik kedepan,” pinta bupati.(S-28)