TIAKUR, Siwalimanews – Peringatan HUT ke 79 Tentara Nasional Indonesia juga digelar di Makodim 1511/Pulau Moa, Sabtu (5/10).

Upacara peringatan HUT dipimpin inspektur upacara Komandan Kodim 1511/Pulau Moa Letkol Inf, Galih Perkasa Komandan dan dihadiri oleh forkopimda MBD, penjabat Sekda Daud Remialy, staf ahli, para asisten, Danki Brimob, Pabung TNI AU/AL, pimpinan, pimpinan instansi vertikal.

Hadir juga Kompi IV Yon C AKP Barnabas Haba, tokoh masyarakat, tokoh agama. Sementara personel yang terlibat dalam upacara tersebut yakni, 1 SST gabungan Perwira TNI-Polri, 1 SST Kodim 1511 Pulau Moa, 1 SST Brimob Kompi IV Yon C, 1 SST Shabara Polres MBD, 1 SST Gabungan TNI, 1 SST Satpol-PP dan Damkar, 1 SST Siswa-siswi SMK Tiakur, 1 SST Saka Wira Kartika.

Dalam sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dibacakan dandim 1511 Pulau Moa menekankan pentingnya peran TNI dalam mendukung keberlanjutan kepemimpinan nasional dan kemajuan Indonesia.

Untuk itu dalam menghadapi tantangan global, TNI harus terus bertransformasi menjadi kekuatan modern yang tidak hanya kuat secara militer, tetapi juga mampu bekerja sama dengan rakyat dalam mewujudkan stabilitas nasional.

Baca Juga: KLHK: Kebakaran Lahan Menimbulkan Kerugian Multidimensi

“TNI akan selalu berada di garis depan untuk melindungi kedaulatan negara, tegas Panglima TNI.

Selain itu TNI adalah institusi yang berkomitmen menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia, di mana dukungan rakyat menjadi fondasi utama dalam menghadapi segala ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga menyampaikan beberapa poin penting yang harus dipedomani oleh seluruh prajurit TNI.

Pertama, perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah.

Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang berbhineka Tunggal Ika.

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas, serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan.

“Keempat, bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib, dan lancar,” tandasnya.

Untuk diketahui  peringatan HUT ke-79 TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

“Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara,” katanya. (S-27)