AMBON, Siwalimanews – Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial menyatakan, TNI siap membantu dan mendukung kepo­lisian dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban pelak­sanaan pilkada serentak tahun 2024 di Provinsi Maluku.

Pangdam menekankan terkait netralitas TNI-Polri pada penyeleng­garaan Pilkada serentak ini.

“Apel gelar pasukan ini menun­jukkan sinergitas TNI-Polri yang selalu solid dalam rangka penga­manan Pilkada serentak nantinya,” ujar Pangdam dalam amanatnya pada  apel gelar pasukan operasi mantap Praja Salawaku 2024, yang dipusat­kan di Lapangan Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (26/8)

Diakhir amanatnya, Pangdam mengajak seluruh pihak, untuk men­sukseskan pilkada serentak tahun 2024 ini, guna mewujudkan visi misi Indonesia emas tahun 2045 yang dicita-citakan bersama.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan dalam amanatnya memimpin apel tersebut menekankan beberapa hal untuk dipedomi oleh personel yang terlibat dalam pengamanan pilkada nanti. Salah satunya yakni kolaborasi dan sinergi dengan TNI.

Baca Juga: Pemkab MBD Sosialisasi SKB Dua Menteri

“Mari kita berkolaborasi dan ber­sinergi dengan rekan rekan TNI untuk mewujudkan pilkada yang aman dan damai,” ajak Kapolda.

Kapolda optimis dengan persia­pan yang ada, baik personel, sarana prasarana hingga olah strategi disetiap tahapan, Pikada di Maluku akan berjalan aman.

“Melalui apel ini Polda Maluku dengan diback up Personel TNI dan pemerintah telah mempersiapkan personel, sarana dan prasarana operasi serta olah strategi dalam setiap pentahapan Pilkada serentak 2024-2025, sehingga apabila berkembang isu negatif yang bersifat provokatif termasuk gangguan keamanan dapat diantisipasi dengan baik, “pungkasnya. (S-10)