AMBON, Siwalimanews – Kendati terlambat mendaftar sebagai bakal calon Wakil Walikota Ambon dalam proses penjaringan, PDIP Maluku tetap mengakomodir Diana Padang dan Elly Toisuta dalam survei Bacalkada.

Kepastian keduanya diakomodir dalam survei Bacalkada yang sedang dilakukan DPD PDIP dibenarkan Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Hendrik Sahureka kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (5/7).

Walaupun bakal calon kepala daerah tidak mendaftar di DPD maupun DPC kata Sahureka, namun aturan partai memberikan ruang bagi bakal calon mendaftar langsung ke DPP.

“Tidak menjadi masalah kalau memang mendaftar di saat survei telah dilakukan, sebab survei itu merupakan bagian proses yang dilakukan oleh partai,” beber Sahureka.

Menurutnya, dalam survei tidak mungkin lembaga survei yang bekerja sama dengan PDIP hanya menyodorkan nama-nama bakal calon kepala daerah yang mendaftar dalam proses penjaringan.

Baca Juga: KPU: Pelantikan Anggota DPRD Maluku Terpilih September

Namun, semua nama-nama di daerah berpotensi mengemukakan dan mendaftar di partai lain pun ikut disurvei agar diketahui kekuatan bakal calon yang tidak mendaftar di PDIP.

“Kalau nama itu mengemukakan di masyarakat, maka harus kita sertakan, betapa bodohnya kalau hanya mengajukan nama yang mendaftar, tapi harus menyertakan orang yang berpotensi untuk berkompetisi,” tegas Sahureka.

Sahureka pun memastikan, Diana Padang dan Elly Toisuta masuk dalam daftar nama bakal calon wakil walikota yang disurvei PDIP.

“Yang pasti seingat saya, dua nama ini diikut sertakan karena sebelum dimulai survei dua nama ini ada,” jelas Sahureka.(S-20)