AMBON, Siwalimanews – Kantor Imigrasi Klas I TPI Ambon mengaku, sejak pandemi Covid-19 mulai mereda, permintaan paspor mengalami peningkatan.

“Permintaan paspor mengalami peningkatan akhir-akhir ini dikarenakan membaiknya situasi pandemi saat ini, yang diikuti relaksasi regulasi perjalanan internasional oleh sejumlah negara, serta dibuka kembalinya penyelenggaraan ibadah umroh dan haji oleh Arab Saudi,” tulis Humas Imigrasi Ambon dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (6/6).

Secara nasional Direktorat Jenderal Imigrasi juga telah menambah kuota penerbitan paspor hingga tiga kali lipat diseluruh kantor Imigrasi di Indonesia.

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh juga mengaku, penambahan kuota penerbitan paspor ini mulai diberlakukan hari ini, Senin (6/6). Dimana pengisian kuota antrean tambahan dapat dilakukan melalui aplikasi M-Paspor.

“Masyarakat/Pemohon paspor yang selama beberapa hari belakangan kesulitan mendapatkan kuota, sekarang bisa mulai mengajukan permohonan meialui M-Paspor,” ucapnya.

Baca Juga: Amahai Diguncang Gempa 3,9 SR

Saleh juga mengaku, langka ini diambil sehingga bisa mengkaver pelayanan penerbitan paspor diseluruh Kantor Imigrasi.

“Kami mencatat, adanya peningkatan permohonan paspor yang cukup signifikan hampir diseluruh Kantor Imigrasi di Indonesia. Sudah dua tahun pandemi, masyarakat rindu bepergian, apalagi perbatasan antar negara juga sudah dibuka,” tandasnya. (Mg-1)