AMBON, Siwalimanews – Mantan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno berjanji, jika nantinya masyarakat mempercayainya dan terpilih sebagai Gubernur Maluku dalam Pilkada nanti, maka dirinya bersama pasangannya akan merubah pemerintah provinsi jadi lebih baik.

Janji tersebut disampaikan Orno saat mengembalikan formulir sekaligus mendaftarakan dirinya sebagai bakal calon gubernur di Partai Hanura, Jumat (10/5) petang.

Ia juga mengkalim, jika pendampingnya sebagai wakil gubernur juga sudah siap dan akan bersama sama bertarung nanti di Pilgub November nanti.

“Saya dan  pasangan saya dan juga partai pendukung, kami berharap ketika Tuhan berkenan melalui pilihan rakyat, maka pemerintah akan kita ubah menjadi lebih baik. Kami akan jadikan pemerintahan ini adalah sistem bukan orang,” tandasnya.

Menurutnya, pemerintahan ibarat kapal yang berlayar sehingga harus memakai kompas, namun jika tidak meletakkan itu berdasarkan sistem tetapi berdasarkan orang-perorang, maka akhirnya pemerintahan itu bagaikan kapal, tapi berlayar tanpa kompas dan hanya terbawa arus.

Baca Juga: Alasan Kejati Pending Kasus Kwarda Pramuka tak Masuk Akal

“Nantinya ketika arus itu semakin kuat, maka kemana kapal itu dia terdampar,” tutur Orno.

Jika selama ini masyarakat Maluku mengatakan, bahwa wakil gubernur tidak melakukan sesuatu kata Orno, itu penilaian yang sangat benar, sebab dari sisi kebijakan wakil gubernur bukan pengambil kebijakan.

“Wakil Gubernur memang tidak bisa berbuat banyak karena tidak ada dalam pengambil kebijakan. Tetapi sebagai mantan bupati saya sudah pernah apalagi dengan track record saya sebagai birokrasi murni yang meniti karir dari tempat terendah sampai pada saat ini. Dengan demikian terhitung sejak 2006 sampai dengan tahun 2024 ini tanpa jeda berturut-turut saya sudah diposisi ini, jadi saya sudah tahu persis panas di siang hari oleh matahari itu seperti apa dan dingin di malam hari oleh bulan dalam perpolitikan itu seperti apa,” tandasnya.

Untuk itu lanjut Orno, jika Tuhan berkenan masyarakat Maluku memberikan kesempatan kepada dirinya menjadi Gubernur Maluku, maka ia akan bersama seluruh masyarakat Maluku membangun negeri ini, untuk itu dirinya memohon doa dan dukungan daris eluruh masyarakat.

Saat ditanya soal siapa sosok wakil gubernur yang akan mendampinginya, Orno hanya mengklaim wakilnya sudah ada dan hanya menunggu waktu untuk diumumkan.

“Politik ini bedah tipis dengan drama Korea, wakil saya itu sudah ada dan sudah mendaftar di berbagai partai, ada di PDIP dan lain-lain, cuma saya belum mau munculkan. Sebab ini politik, meski duitnya banyak tapi kalah strategi, salah strategi maka datang dengan uang karung pulang loncat karung. Biarlah nanti saatnya teman-teman akan lihat siapa yang akan berpasangan dengan saya,” ucapnya.

Orno juga mengaku, dirinya mengambil wakilnya bukan secara asal-asalan, tetapi melihat sisi geopolitiknya.

“Kita kan bertarung untuk menang bukan harus kalah, sehingga geopolitik itu sangat penting, dimana basis tradisionalnya dan lainnya, bukan karena soal kebetulan dan punya duit lalu menang,” jelasnya.(S-26)