AMBON, Siwalimanews – Operasi lalu lintas terpusat dengan sandi Zebra Sala­waku resmi dilakukan di Maluku.

Dimulainya operasi ter­sebut ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Zebra Salawaku Tahun 2024 yang di­lakukan Polda Maluku di lapangan Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (14/10).

Apel gelar pasukan ope­rasi zebra yang dipimpin Karo Ops Polda Maluku Kombes Ronald Refli Rumondor, turut hadir Kepala Jasa Raharja cabang Ambon serta perwa­kilan perwira dari Pomdam XV/Pattimura, dan POM Lanud Pattimura Ambon.

Kombes Ronald Refli Ru­mondor dalam arahannya meminta personel yang di­kerahkan dalam operasi Zebra agar senantiasa mem­berikan edukasi, sosialisasi dan menghimbau masyarakat untuk selalu taat kepada aturan dan ketertiban lalulintas saat berkendara di jalan raya.

“Selain anggota kita melakukan himbauan, kami juga harap ada partisipasi masyakat untuk menaati aturan lalu lintas dalam berkendara,” harapnya.

Baca Juga: Pelamar PPPK di Pemkot Ambon Membludak

Operasi zebra, lanjutnya, bertu­juan untuk menurunkan angka ke­celakaan lalulintas dan potensi terjadinya laka Lantas yang saat ini sangat tinggi dengan sasaran para pelanggar lalulintas.

Para personel yang terlibat dalam operasi, pinta Kombes Ronald agar dapat melakukan deteksi dini pada semua lokasi yang berpotensi atau rawan terjadinya laka Lantas.

“Lakukan sosialisasi dan him­bauan atau edukasi positif kepada masyarakat untuk selalu taat kepada aturan lalulintas dan selalu menjaga ketertiban saat berkendara di jalan raya,” jelasnya.

Para personel yang dikerahkan agar dapat menegakkan hukum se­cara elektronik dan profesional kepada para pelanggar lalulintas.

“Lakukan counter opini terhadap informasi atau berita hoax terkait pe­laksanaan operasi Zebra Salawaku Polda Maluku tahun 2024,” ujarnya.

Polres SBB

Polres SBB melaksanakan apel Operasi Zebra Salawaku 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 14 Oktober 2024 hingga 27 Oktober 2024 mendatang.

Dimulainya operasi yang difo­kuskan pada bidang lalu lintas ini ditandai dengan apel gelar pasukan, dipimpin Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan yang berlangsung di Lapangan upacara Mapolres SBB, Senin (14/10).

Dalam pelaksanaan apel tersebut bertindak sebagai Perwira Apel Kasat Lantas AKP L.D. Tamaela, dan Komandan Apel IPDA Imanuel J. Saununu, dengan peserta apel ter­diri dari 1 regu gabungan Perwira, 1 regu Satsamapta, 1 regu Sat Pol Airud, 1 regu Satlantas, 1 regu gabu­ngan staf dan 1 regu gabungan Satreskrim,Satintelkam dan Satres­narkoba Polres SBB.

Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan dalam amanat­nya mengatakan, apel gelar pasukan ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 14 Oktober sampai 27 Oktober 2024.

Menurutnya, Operasi Zebra 2024 ini dilaksankan serentak diseluruh wilayah Indonesia dengan tema men­dukung suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Ter­pilih. Selain itu Kapolres mengajak mas­yarakat untuk tertib dalam ber­lalu lintas demi terwujudnya Kam­sel­tibcar lintas yang aman dan nyaman.

Ditegaskan, Operasi Zebra Sala­waku tahun 2024 ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban laka serta mening­katnya disiplin masyarakat dalam ber­lalu lintas, dengan sasaran ope­rasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelang­garan, dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, pada saat dan pasca Operasi Zebra Salawaku 2024.

Dharmawan menegaskan, ada beberapa sasaran pelanggaran prio­ritas dalam Operasi Zebra Salawaku 2024 ini sebagai berikut yakni, pe­ngemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau peng­endara ranmor yang masih dibawah umur,  pengendara sepeda yang ber­boncengan lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi ranmor yang tidak me­nggunakan safety belt,  pengemudi dan pengendara ranmor dalam pe­ngaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus, dan pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Polres SBT

Kepolisian Polres SBT menggelar apel pasukan Operasi Zebra Sala­waku tahun 2024  yang berlangsung di lapangan upacara Mapolres SBT. Senin. (14/10) pagi.

Pelaksanaan apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres SBT AKBP Agus Djoko Nugroho. Kegiatan tersebut juga turut hadir oleh para PJU Polres setempat.

Susunan pasukan apel masing- masing yakni, 1 SSR Koramil 1502-06/Bula, 1 SST Sabhara Res SBT, 2 SST Binmas Res SBT, 1 SSR Sat­lantas Res SBT, 1 SST Reskrim Res SBT, dan 1 SST Satpol PP Res SBT.

Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro dalam amanatnya yang di­bacakan oleh Kapolres SBT menga­takan, apel gelar pasukan operasi Zebra Salawaku dalam rangka untuk mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang tertib dan aman. Permasalah dibidang lalulintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat,” tandasnya. (S-10/S-18/S-27)