TIAKUR, Siwalimanews – Sedikitnya 30 kelompok nelayan di  kabupaten Maluku Barat Daya mendapatkan bantuan sarana perikanan dari Badan Perbatasan Nasional (MBD).

Bantuan sarana penangkapan ikan berupa mesin tempel 9,8 PK itu diberikan kepada kelompok nelayan di enam kecamatan oleh Bupati Benyamin Thomas Noach di Lapangan Kalwedo, Selasa (23/7).

Dalam sambutan, Bupati Noach mengatakan pemerintah terus memberikan bantuan di sektor perikanan, dikarenakan potensi kelautan kita di Kabupaten MBD cukup besar.

“Ikan kita banyak, sehingga kita membutuhkan alat tangkap untuk bisa mengambil ikan itu. Muda-mudahan dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya. Pakailah bantuan ini dengan baik demi kesejahteraan, beserta kelompok nelayan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan MBD, Herdi Ubro mengatakan bantuan yang diberikan ini untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan

Baca Juga: Polda: Operasi Patuh Sukses Turunkan Pelanggar Lalin

“Tingkatkan produksi hasil perikanan dan mendukung sarana dan prasarana serta sentra kelautan dan perikanan pelabuhan perikanan Tiakur dan pasar ikan Snyioli Leta,” ujar Ubro.

Ia mengaku nelayan mempunyai peranan dan strategi dalam meningkatkan wawasan kesempatan kerja, pemerataan, peningkatan pendapatan dengan tetap memelihara lingkungan kelestarian dan ketersediaan sumber daya ikan.

“Pemberian bantuan sarana mesin tempel diberikan untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah untuk membangun MBD di sektor kelautan dan perikanan yang terintegrasi dari hulu ke hilir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat MBD lebih khusus pelaku usaha di bidang perikanan,” ujarnya.

Pemberian bantuan mesin To­hat­su yang diberikan saat ini, tambah Ubro, merupakan bentuk kerja sama pemerintah Daerah dengan Badan Perbatasan Nasio­nal untuk disalurkan kepada nelayan di Kabupaten MBD. (S-28)