AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas PUPR Provinsi Ma­luku, Mohammad Marasabessy me­ngatakan, gedung DPRD Maluku  akan dilakukan renovasi secara total.

“Kalau pak Gubernur telah me­nyampaikan seperti itu, ya kita akan merenovasi gedung DPRD ini secara total sesuai apa yang disampaikan tadi,” ujar Marasabessy, kepada war­tawan, di DPRD Maluku, Rabu (19/8).

Penegasan Marasabessy ini me­nyu­sul permintaan Gubernur Malu­ku, Murad Ismail usai Rapat Pari­purna DPRD Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-75, di Ruang Pa­ripurna DPRD Maluku, Rabu (19/8).

Menurut Marasabessy, untuk pe­laksanaannya akan dilakukan secara bertahap oleh Dinas PUPR, dimulai dengan kebutuhan yang ada saat ini seperti toilet, plafon, ruang komisi dan lainnya.

“Selama ini pihaknya selalu mela­porkan kepada Gubernur berkaitan dengan kondisi gedung DPRD Maluku termasuk dengan desain bangunannya, dengan tujuan agar semua gedung pemerintah harus menjadi ikon didaerah, karena ge­dung DPRD ini akan dibuat sela­yaknya gedung DPRD di Jakarta.

Baca Juga: Komunitas RBK Gelar Aksi Demo di Kantor Gubernur

Kata Marasabessy, dalam perte­muan yang dilakukan antara pihak­nya bersama Komisi III beberapa waktu lalu, telah disampaian jika untuk tahun ini Pemprov telah m­e­nyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar yang berasal dari dana sharing untuk kepentingan renovasi gedung DPRD Maluku.

Sebelumnya Gubernur Maluku merasa prihatin dengan kondisi ke­rusakan yang terjadi pada gedung sekretaria DPRD Provinsi Maluku, Karang Panjang Ambon.

Saat menghadiri rapat paripurna dalam rangka HUT Provinsi Maluku, mengatakan dirinya telah melihat beberapa kerusakan yang terjadi baik dalam ruang paripurna maupun kamar mandi yang tidak layak lagi.

“Tadi saya sudah lihat waktu di­ruang paripurna ternyata sudah rusak semua termasuk dalam kamar mandi tidak layak lagi itu,” ungkap Gubernur.

Menurutnya, jika dibandingkan kondisi gedung DPRD Maluku de­ngan DPR RI  sungguh memprihatin­kan, karena itu, Gubernur secara tegas meminta kepada ketua DPRD Ma­luku Lucky Wattimury agar da­lam pembahasan APBD tahun 2021 harus memasukan renovasi gedung DPRD Maluku.

Dukungan dalam merenovasi total gedung DPRD Maluku merupa­kan bukti loyalitasnya kepada Ma­luku.” Jangan ragukan loyalitas saya ter­hadap Maluku, untuk perbai­kan ini saya dukung  seratus persen dan saya bertanggungjawab,” tegasnya. (Cr-2)