AMBON, Siwalimanews – Partai Nasdem hingga kini belum mengusulkan pengganti Irene Mauren Russel lewat mekanisme Pergantian Antar Waktu di DPRD Kota Ambon.

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Ambon Mourits Tamaela kepada wartawan di Ambon,  Senin (30/9) menjelaskan, meninggalnya anggota DPRD Ambon terpilih Irene Mauren Russel, tentu masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan orang-orang terdekat.

Alasan inilah yang membuat Nasdem memilih tidak terburu-buru untuk memproses pengusulan calon pengganti almarhumah untuk kemudian dilantik sebagai anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

“Kami sangat menghargai kondisi kebatinan dari keluarga almarhumah, sehingga kami belum bisa mempercepat proses dimaksud,” tandasnya.

Ditanya soal siapa yang nantinya mengganti posisi tersebut? Mourits mengaku, itu menjadi kewenangan dari DPP.

Baca Juga: Sembilan Fraksi DPRD Maluku Terbentuk

“Kita nanti gelar pleno di tingkat DPD, DPW hingga DPP dan yang memutuskan penggantinya siapa, itu ada di DPP,” jelasnya.

Diketahui, anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 telah resmi dilantik pada Rabu 11 September 2024 lalu. Dari 35 wakil rakyat yang terpilih pada Pileg 14 Februari 2024, yang dilantik dan diambil sumpah hanya sebanyak 34 orang.

Satu diantaranya yakni Irene Mauren Russel tidak dapat mengikuti pengucapan sumpah karena berhalangan tetap atau meninggal dunia.

Almarhumah yang adalah aleg terpilih dari Partai Nasdem itu menghembuskan nafas terakhir di RSUP dr. Johannes Leimena pada, Jumat 30 Agustus 2024 lalu lantaran sakit.(S-25)