AMBON, Siwalimanews – Anggota DPR Mercy Barends, ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Jeffry Apoly Rahawarin- Abdul Mukti Keliobas.

Selain Mercy, partai koalisi pe­ngusung pasangan JAR-AMK juga menunjuk Mantan Guber­nur Maluku periode 2003-2013, Karel Albert Ralahalu sebagai penasehat tim pemenangan.

Dua figur yang menjadi sen­tral komando tim pemanangan ini, punya pengalaman elektoral segudang. Ralahalu adalah gu­bernur sepuluh tahun yang dike­nal sangat dekat dengan rakyat.

Dia menggantikan Sinyo Har­ry Sarundajang, yang oleh Pre­siden Megawati Soekarnoputri, ditunjuk sebagai Penjabat Gu­bernur Maluku, menggantikan M Saleh Latuconsina yang telah habis masa jabatannya.

Warga Maluku mengenal Ralahalu sebagai tokoh perdamaian yang pe­nyabar dan toleran, yang bisa memuat Maluku keluar dari konflik sosial kala itu. Karenanya pada era pemilihan langsung, Ralahalu yang maju un­tuk kedua kalinya dengan meng­gandeng Said Assagaff, menang telak dengan angka 61,8 person.

Baca Juga: Tersangka Pelecehan, Polisi Tahan Sekdis Pariwisata

Kala Murad Ismail mencoba ke­beruntungannya dalam pilkada 2018, Ralahalu diminta untuk me­mimpin tim pemenangan mantan Dankorbrimob Polri itu.

Kepastian penunjukan Ralahahu dan Barends disampaikan langsung oleh calon Gubernur Maluku Jeffry Apolly Rahawarin kepada Siwali­ma­­news, melalui telepon selulernya, Selasa (17/9). “Nanti sekretaris diisi oleh Nasdem dan bendahara dari Hanura,” ungkap JAR.

Mantan Pangdam Pattimura ini bilang, struktur tim pemenangan pasangan JAR-MK akan diisi sejumlah tokoh partai politik koalisi, PDIP, Nasdem dan Hanura.

Menurut JAR sebagai ketua tim pemenangan Mercy Barends yang punya pengalaman begitu banyak didunia politik, diharapkan menjadi kekuatan besar bagi pemenangan.

Apalagi tambah dia, bila ditopang dengan ketokohan seorang mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang berhasil membawa perubahan saat memimpin Maluku dua periode.

“Memang ibu Mercy ini tugas di DPR tapi saya yakin tidak akan menggangu jalannya kerja-kerja pemenangan, sebab kita bekerja secara bersama,” tegasnya.

JAR optimis dengan tim pemena­ngan yang nanti terbentuk dan dukungan tiga partai koalisi akan mampu membawa dirinya bersama pasangan memenangkan Pilkada Gubernur Maluku.

JAR memastikan seluruh struktur tim pemenangan akan dituntaskan sebelum penetapan calon tetap oleh KPU Maluku. “Soal siapa-siapa yang nanti masuk di tim peme­nangan kita akan selesaikan dalam waktu dekat,” cetusnya.

Janji Urus Rakyat

Pasangan JAR dan MK berjanji akan mengurusi rakyat, serta men­sejahterakan warga dan masyarakat Maluku.

Pernyataan itu disampaikan Jeffry dan Mukti, saat mendaftar di KPU Maluku, Kamis (29/8) lalu, sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

Pilkada kata mantan Pangko­gabwilhan III ini, adalah kontestasi yang harus diisi dengan hal-hal baik bukan menyerang satu dengan yang lain, sebab tujuan Pilkada adalah mendapatkan pemimpin daerah yang baik bagi kesejahteraan masyarakat.

JAR menegaskan, dirinya dan pasangan menawarkan visi dan misi yang tentunya berasal dari kondisi masyarakat Maluku saat ini yang tidak baik-baik saja.

Maluku tambah JAR, membutuh­kan percepatan pembangunan jika ingin masyarakat sejahtera dan semuanya dapat dicapai jika pemimpin berkerja dengan hati dan senyum.

“Visi dan misi kami memang ber­tujuan untuk mensejahterakan mas­yarakat seperti pengentasan kemis­kinan, efisiensi pemuubangunan, penataan birokrasi yang lebih baik serta menjaga keamanan dalam Provinsi Maluku,” ucapnya.

JAR mengakui, dengan anggaran daerah yang cukup kecil tentu tidak akan mampu untuk mengcover semua pembangunan, maka inovasi dari kepala daerah dan wakil kepala daerah sangat dibutuhkan termasuk mende­ngar aspirasi dari ASN. “Yang pasti jika diberikan mandat oleh rakyat maka kita akan bekerja bersama untuk membangun Maluku dengan menge­depankan keterbu­kaan dalam seluruh tahapan pengelolaan birokrasi peme­rintahan di Maluku,” tegasnya. (S-20)