AMBON, Siwalimanews – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut peningkatan kua­litas transportasi publik ini sesuai visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar seluruh wilayah Indonesia dapat terhubung, berdaulat, dan meraih kemandirian ekonomi.

“Karena inilah maka pembangu­nan sektor transportasi menggu­na­kan paradigma Indonesia-sentris,” ujar Menhub dalam sambutan yang dibacakan Pelaksana Harian Asisten III Sekretaris Daerah Maluku Sar­tono Pinning saat peringatan Har­hubnas ke-53 di Lapangan Merdeka, Selasa (17/9).

Menhub juga memaparkan sejumlah capaian yang sudah dilakukan pemerintah pusat selama 10 tahun belakangan ini.

Mulai dari pembangunan puluhan bandara baru termasuk di wilayah pulau-pulau terluar sampai dengan pembangunan pelabuhan laut. “27 bandar udara baru, 23 diantaranya berada di luar Pulau Jawa. Dan ratusan pelabuhan telah dibangun di pulau-pulau terluar,” terangnya.

Penyediaan infrastruktur menurutnya juga dibarengi dengan dukungan subsidi operasional sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau, merata, dan berkeadilan.

Baca Juga: Pemkot Benarkan Harga Kebutuhan Melonjak

“Seluruh pencapaian dan komitmen yang telah diwujudkan dalam 1 dekade ini dapat diteruskan secara berkelanjutan, dengan penuh integritas,” ungkapnya.

Dikatakannya, kolaborasi dalam sektor perhubungan diperlukan untuk optimalisasi pemanfaatan infrastruktur transportasi yang telah dibangun demi mewujudkan transportasi yang handal, efisien, dan berdaya saing, yang akan memberikan dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi.

“Kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat akan sangat dibutuhkan di masa depan. Sektor transportasi yang berdaya saing akan terus berperan penting dalam mendukung pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu GM PT Angkasa Pura Cabang Bandar Udara Pattimura, Shively Sanssouci, dalam kesempatan berharap ada sinergi untuk memajukan transportasi di Maluku terkhusus Kota Ambon.

“Dengan semangat dan semarak peringatan Harhubnas ini, saya berharap seluruh insan perhubungan semakin bersatu untuk memajukan layanan transportasi, khususnya di Kota Ambon,” ujarnya. (S-10)