AMBON, Siwalimanews – Partai koalisi pengusung pasangan Jeffry Apoly Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas, memastikan siap memenangkan jagoannya di Pilkada Maluku mendatang.

Ketua PDIP Maluku, Benhur George Watubun menjelaskan kerja keras memenangkan JAR-AMK, merupakan harga mati yang harus dilakukan.

Benhur bilang, ketika DPP telah mengeluarkan rekomen­dasi, maka wajib hukumnya bagi jajaran PDIP di Maluku untuk mendukung dan memenangkan pasangan ini.

Upaya memenangkan pasa­ngan JAR-AMK kata Watubun, dilakukan dengan menggerak­kan seluruh kekuatan partai baik kader maupun simpatisan.

“PDIP solid untuk meme­nangkan pasangan JAR-AMK di pilkada Maluku makanya DPP terus melakukan monitoring ter­hadap kerja-kerja kita,” ungkap Watubun kepada Siwalima di ruang kerjanya, Kamis (19/9).

Baca Juga: Maluku Nyaris tak Peroleh Medali Emas PON XXI

Watubun memastikan semua anggota DPRD baik provinsi mau­pun kabupaten dan kota wajib dimasukkan dalam tim pemenangan, guna meningkatkan elektoral di pilkada nanti

Ditanya terkait dengan alasan dirinya tidak menjadi ketua tim pemenangan pasangan JAR-AMK, Watubun menegaskan tidak menjadi persoalan jika Sekretaris DPD PDIP Maluku Mercy Barens yang menjadi ketua tim pemenangan.

“Saya ini kan penanggungjawab pemenangan di seluruh Maluku artinya, saya atau ibu Mercy itu sama saja. Ibu Mercy juga tepat,” tegas Watubun.

Hanura All Out

Terpisah, Plt Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Maluku, Suleman Laim juga memastikan akan all out memenangkan pasangan JAR-AMK.

Menurut Laim tidak ada pilihan bagi kader Hanura untuk tidak me­menangkan pasangan JAR-AMK.

“Semua kader tegak lurus untuk memenangkan pasangan JAR-AMK karena itu perintah partai,” tegas Laim saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (19/9).

Partai Hanura lanjut Laim, akan mengkonsolidasikan seluruh keku­atan partai agar dapat bekerja keras untuk memenangkan pasangan JAR-AMK di pilkada nanti.

Bahkan, Partai Hanura nantinya akan mendorong kader-kader partai yang potensial dengan basis massa untuk masuk dalam tim pemenangan, sehingga dapat berkerja dengan baik.

“Pasti Partai Hanura akan men­dorong kader terbaik untuk masuk dalam tim pemenangan karena kita ini ingin memenangkan Pilkada Gubernur Maluku,” pungkasnya

Nasdem Siap

Jajaran Partai Nasdem Maluku memastikan all out memenangkan pasangan JAR-AMK di Pilkada Maluku.

Penegasan ini diungkapkan Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Malu­ku, Hamdani Laturua kepada Siwa­lima melalui telepon selulernya, Kamis (19/9).

Hamdani menjelaskan, pihaknya saat ini sedang menyusun nama-nama kader yang nantinya diserah­kan ke pasangan calon JAR-AMK untuk masuk dalam tim pemenangan.

“Semua kader yang memiliki basis dukungan dimasyarakat akan kita dorong untuk masuk dalam tim pemenangan,” ujar Hamdani.

Menurutnya, anggota DPRD baik provinsi dan kabupaten/kota yang berasal dari partai Nasdem akan dimasukan dalam tim pemenangan baik ditingkat Provinsi, kabupaten maupun kota.

Memenangkan pasangan JAR-AMK kata Hamdani merupakan perintah DPP Partai Nasdem yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh kader tanpa terkecuali.

“Nasdem solid untuk mendukung serta memenangkan pasangan JAR-AMK di pilkada nanti. Itu instruksi DPP Nasdem yang harus diaman­kan,” tegas Hamdani.

Hamdani memastikan DPW Nas­dem Maluku telah memerintahkan seluruh jajaran partai di kabupaten dan kota untuk melakukan konso­lidasi dengan simpul-simpul partai hingga desa dan kelurahan, guna memenangkan pasangan JAR-AMK.

“Kami optimis dengan konsolidasi dari tingkat DPW hingga DPD dan jajaran dibawah maka kita akan mampu memenangkan pasangan JAR-AMK bersama partai koalisi lainnya,” pungkasnya.

Monitoring

DPP PDIP terus melakukan monitoring terhadap kerja-kerja pemena­ngan pasangan kepala daerah di Maluku.

Kedatangan tim monitoring ini dibenarkan Ketua PDIP Maluku Benhur George Watubun kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (19/9).

Kata Benhur, monitoring dan eva­luasi dilakukan DPP guna memasti­kan proses pemetaan kemenangan pilkada di Maluku.

“DPP fokuskan monitoring pada wilayah pemenangan dan akan dilakukan hingga beberapa hari kedepan,” ungkapnya.

Dijelaskan dalam kerja-kerja pemenangan, PDIP Maluku bekerja secara sistematis dan terukur bukan serampangan, sebab PDIP ingin memenangkan Pilkada di Maluku.

Selain itu, monitoring DPP PDIP di Maluku untuk melihat kelemahan-kelemahan dalam kerja-kerja peme­nangan, sehingga ada kebijakan untuk menggenjot elektoral di Maluku.

“Nanti hasil monitoring dila­porkan ke DPP, kalau ada kelemahan pasti ditutupi sebab kita ini ingin menang Pilkada, dan karena proses kemenangan elektoral ini bukan berbasis di partai tapi di rakyat maka proses gotong royong itu menjadi tujuan utama dari proses konso­lidasi,” ujar Benhur.

Ketua DPRD Maluku ini memas­tikan, mesin partai PDIP di Maluku telah digerakan untuk proses peme­nangan baik di pilkada Maluku maupun kabupaten dan kota.

Karel-Marcy

Diberitakan, mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahahu dan Mercy Barends menjadi komandan kemenangan pasangan calon JAR-AMK.

Mantan Gubernur Maluku periode 2003-2008 dan 2008-2013 ini memiliki pengalaman yang luar biasa memenangkan pertarungan politik.

Ditangan purnawirawan TNI ini, Karel sapaan akrab mantan Gu­bernur Maluku dua periode ini mampu menghantarkan Murad Ismail-Barnabas Orno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2024.

Karel ditunjuk sebagai penas­hat pemenangan, sedangkan anggota DPR dapil Maluku, Mercy Barends sebagai Ketua Tim Pemenangan JAR-AMK.

Kepastian penunjukan Ralahahu dan Barends disampaikan calon Gubernur Maluku Jeffry Apoli Rahawarin kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (17/9).

JAR sapaan akrab Rahawarin mengungkapkan, struktur tim pe­menangan pasangan JAR-MK akan diisi sejumlah tokoh partai politik koalisi, PDIP, Nasdem dan Hanura.

Menurut JAR sebagai ketua tim pemenangan Mercy Barends tentu memiliki pengalaman begitu banyak didunia politik, sehingga menjadi kekuatan besar bagi pemenangan pasangan JAR-MK.

Apalagi ditopang dengan ketoko­han seorang mantan Gubernur Ma­luku Karel Albert Ralahalu yang berhasil membawa perubahan saat memimpin Maluku dua periode.

JAR optimis dengan tim peme­nangan yang nanti terbentuk dan dukungan tiga partai koalisi akan mampu membawa dirinya bersama pasangan memenangkan Pilkada Gubernur Maluku.

JAR memastikan seluruh struktur tim pemenangan akan dituntaskan sebelum penetapan calon tetap oleh KPU Maluku.

Kolaborasi Tepat

Kolaborasi Mercy Barends dan Karel Albert Ralahahu dinilai tepat untuk memenangkan pasangan JAR-AMK di pilkada Maluku.

Demikian dikatakan Akademisi Fisip Unpatti, Victor Ruhunlela kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (18/9) merespon penunjukan Barends dan Ralahahu komandan tim JAR-AMK.

Ruhunlela menjelaskan, kemenangan setiap pasangan calon akan sangat tergantung dari strategi masing-masing tim pemenangan yang berbeda-beda.

Strategi pemenangan tersebut, lanjut dia, termasuk dalam mencari dan menentukan orang-orang yang mampu untuk merebut suara signifikan dari masyarakat Maluku ke dalam tim pemenangan.

Strategi inilah yang sedang dimainkan oleh pasangan JAR-AMK dengan menempatkan tokoh-tokoh Maluku yang potensial dalam tim pemenangan, mengingat pertarungan dalam pilkada Gubernur 2024 sangat sengit.

Ruhunlela akui, partai pengusung pasangan JAR-AMK tentu merupakan partai pengusung yang cukup berpengaruh di Maluku seperti PDIP dan Nasdem, namun keberadaan tokoh publik yang mengakar menjadi startegi penting.

Menurutnya, pilkada yang berdekatan dengan proses legislatif secara tidak langsung pemetaan politik masih menggunakan pola pemenangan yang digunakan partai politik.

Namun, perlu dimasukkan sejumlah tokoh besar guna mengangkat elektabilitas dari JAR-AMK, sebab sosok Karel Albert Ralahahu masih pendukung tradisional sehingga ketika melihat sosok Karel Albert Ralahahu ada, maka secara langsung akan mengikuti.

Selain itu, perpaduan dua tokoh besar seperti Karel Albert Ralahahu dan Mercy Barends menjadi kolaborasi yang baik untuk saling menutupi kekurangan pada daerah-daerah yang menjadi kekurangan dari pasangan JAR-AMK.

Apalagi, terdapat lima daerah masing-masing Kota Ambon, Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan dan SBB yang harus di taklukkan pasangan JAR-AMK.

Sementara itu, Akademisi Fisip UKIM Amelia Tahitu mengatakan sosok Karel Albert Ralahahu merupakan tokoh Maluku yang memiliki pengharu di Maluku.

Pengalaman sebagai mantan Gubernur Maluku dua periode, Ralahahu tentu memiliki pendukung tradisional yang sampai saat ini tidak bergesekan.

Dijelaskan, masuknya Ralahahu dalam tim pemenangan tentu membawa nilai positif terhadap pemenangan pasangan JAR-AMK, apalagi didukung dengan sosok Mercy Barends sebagai ketua tim pemenangan. (S-20)