AMBON, Siwalimanews – Long boat berpenumpang enam orang dilaporkan mengalami kerusakan mesin dan hanyut serta terombang-ambing di sekitar perairan Pulau Ujir, Kabupaten Aru.

Long boat tersebut diketahui bertolak dari Pulau Kabalsiang hendak menuju Kota Dobo, namun ditengah perjalanan sesampainya di sekitar perairan Pulau Ujir, mesin motor long boat itu mengalami kerusakan dan sempat beberapa kali diperbaiki, namun tidak bisa hidup.

“Salah satu penumpang di long boat itu menghubungi keluarga mereka yang ada di Dobo untuk melaporkan kejadian tersebut ke Unit Siaga SAR Dobo,” tulis Kepala KPP Ambon Muhamad Arafah dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (13/9).

Laporan hilangnya long boat itu kata Arahaf, diterima Command Center KPP Ambon, Kamis (12/9)sore.

“Berdasarkan informasi tersebut, tim SAR gabungan yang terdiri dari Rescuer Unit Siaga SAR Dobo, Anggota Kompi A 735 Nawasena, serta keluarga korban dikerahkan menggunakan KM Tarangan milik Dinas Perhubungan Aru menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR,” tulis Arafah.

Baca Juga: Pemprov Diingatkan tak Lindungi Pelaku Pelecehan Seksual

Setelah dilakukan pencarian selama dua jam, tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan seluruh korban dalam keadaan selamat di sekitar perairan Pulau Uji.

Dalam laporan awal yang di terima, jumlah penumpang sebanyak empat orang. namun, setelah tim SAR gabungan berhasil menemukan long boat tersebut dan dicek kembali, jumlah penumpang benar teradat 6 orang, termasuk salah satunya ada anak berumur 5 lima tahun.

“Seluruh korban langsung dievakuasi tim SAR Gabungan ke Kota Dobo guna diserahkan kepada pihak keluarga,’ tandas Arafah.(S-10)