AMBON, Siwalimanews – Memanfaatkan lahan kosong seluas satu hektar, kelompok petani Kampung Tangguh Bhineka Tunggal Ika, melakukan panen raya jagung di Dusun Air Tenggelam, Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Jumat (4/3).

Ketua kelompok kampung tanggung Bhinneka Tunggal Ika Rasyid dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (5/3) menjelaskan, panen raya Jagung ini  merupakan panen perdana dari kelompok tani Bhineka Tunggal Ika.

“Kelompok tani ini dibentuk sejak tahun 2020, memang saat itu belum ada progres yang kita lakukan, sehingga baru dimulai lagi untuk tahun 2021,” tuturnya.

pada awal November 2021 kata Rasyid, kelompok tani Bhineka Tunggal Ika memulai penggarapan lahan yang berada di lingkungan RT 01/03 Dusun Air Tenggelam.

Di awal bulan Desember 2021, kelompok tani ini mulai menanam bibit jagung dilahan seluas 1 hektar yang telah digarap selama satu bulan. Lahan ini  ditanam tanam bibit jagung sebanyak 20 bungkus.

Baca Juga: Wabup Tinjau Lahan Perluasan Bandara Namrole

“Kalau dihitung dari 20 bungkus itu bisa menghasilkan 24 ribu, dan 99 persen tanaman jagung tersebut berhasil tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon yang diwakili Semy Akywen mengaku, sektor pertanian bukan hanya menyediakan bahan pangan, namun menjadi lahan terhadap tersedianya lapangan kerja bagi sebagian masyarakat.

“Saat ini kita melaksanakan panen raya jagung yang dikelola kelompok tani Bhinneka Tunggal Ika, ini adalah jawaban dari program penguatan ketahanan pangan oleh Pemerintah Desa Hunuth yang bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Hunuth dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif milik warga,” ujarnya.

Pada kesmepatan itu ia juga memberikan apresiasi kepada pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Ketua RT01/RW03, para tokoh masyarakat atas upaya memimpin dan membina para petani serta mengembangkan lahan pertanian, sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal. (S-21)