AMBON, Siwalimanews – Provinsi Maluku telah siap me­nerima kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Seram Bagian Timur dan Buru Selatan pada 3-4 Okto­ber, namun sayangnya, orang nomor satu di negara ini batal ke Maluku.

Pembatalan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Maluku disampaikan Plh Sekretaris Daerah Maluku, Syur­yadi Sabirin kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (1/10).

Pemerintah Provinsi, kata Sabirin telah melakukan persiapan sejak mendapatkan informasi kedatangan Presiden ke Kabupaten SBT dan Buru Selatan.

“Kalau soal persiapan seluruhnya sudah kita lakukan baik di kota Ambon, Bursel dan SBT. Tapi tadi pukul 10.00 WIT ada surat dari kepresi­denan untuk penundaan kunjungan ke Maluku,” ungkap Sabirin.

Pemprov menurut Sabirin, belum mengetahui alasan pasti pembatasan kunjungan Presiden. Sebab dalam surat kepresidenan tersebut tidak dijelaskan perihal alasan pemba­talan.

Baca Juga: Ratusan Massa ASKA Serbu Kantor Gubernur & Walikota

Namun, pemprov menduga ada agenda yang lebih penting dalam mengakhiri masa jabatan, sehingga Presiden batal berkunjung ke Maluku.

“Mungkin ada agenda penting yang tidak bisa ditinggalkan oleh beliau,” jelasnya.

Sabirin memastikan, pasca pem­batalan tersebut belum ada pen­jadwalan ulang terkait waktu kedatangan presiden. Prinsipnya kita standby saja, baik Pemprov maupun Forkompinda dan instansi terkait menunggu informasi kelan­jutannya,” ujarnya. (S-20)