BANJARMASIN, Siwlaimanews – Johny Johan Tuturup menjadi satu-satunya atlet Maluku yang meraih medali di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kepastian itu, setelah berakhirnya semi final  cabang olahraga billiard di kelas bola 8 single pada, Jumat (23/8). Capaian atlet dari seribu pulau ini, menambah sejarah panjang bagi Maluku dalam mempertahankan medali di pekan olahraga yang diselenggarakan Seksi Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sebelum meraih medali perunggu bersama Anwar Syahdat, atlet Jawa Barat, Johny mampu mengalahkan atlet perwakilan dari Provinsi Sulawesi Barat (Subar) A.Habda Nahyan di babak perempatan final.

Ditengah keheningan penonton yang menyaksikannya berlaga di Master Bilyard, Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, atlet yang pernah meraih medali di Porwanas XII di Bandung, Jawa Barat mampu membabat ketua Siwo Subar itu dengan skor 4-2.

Ia juga menang telak atas atlet perwakilan dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Darmansyah Dalimunthe dengan skor 4-0. Bahkan di babak penyisihan, dengan ketenangan dan kegigihannya, pria berparas mempesona itu mampu mengalahkan Fredi, Sumatera Selatan dengan skor 4-1.

Baca Juga: Tolak Revisi UU Pilkada, Demo Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat Ricuh

Raihan medali dari atlet yang dibawa Batje Warlauw selaku ketua kontingan (Ketua Siwo PWI Maluku), menjadi kebanggaan dari seluruh  rakyat Maluku, karena telah mengharumkan nama negeri para raja-raja ini di kota seribu sungai.

Kesuksesan atlet Maluku ditutup dengan penyerahan medali yang dilakukan bersamaan dengan peraih medali single Double bola 8 di Master Bilyard, Sabtu (24/8).

Untuk di ketahui, Siwo PWI Maluku dibawa kepimpinan Batje Warlauw, membawa 3 atlet untuk 3 Cabor yaitu atletik, billiard dan domino.

Untuk atletik 5000 meter putra di wakili Aprilian Sipahelut. Walau tidak meraih medali, namun ia mampu menduduki 10 besar dari 16 pelari yang mengikuti cabor yang diselenggarakan di lapangan lambung Mangkurat.

Untuk cabor domino diikuti Iskandar Pentury,  langkahnya terhenti di babak 16 besar dalam 2 nomor singel perseorangan tertutup dan terbuka.(S-07)