AMBON, Siwalimanews –  Muhammad Vito Rumarei Wattimena, menyatakan maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Seram Bagian Timur periode 2024-2029.

Sebagai salah satu bakal calon yang masih mudah, Rumarei pun menawarkan sejumlah program pemberdayaan bagi pemuda di SBT, seperti pengembangan ekonomi kreatif.

Hal ini diungkapkan Rumarei saat menggelar ngopi bersama Pemuda SBT di Ambon, Minggu (30/6) kemarin.

Rumarei mengungkapkan, alasan dirinya maju sebagai bakal calon wakil bupati, berangkat dari situasi politik di SBT yang sangat minim partisipasi generasi milineal dalam proses pembangunan di SBT.

“Minimnya keterlibatan generasi muda ini lantas membuat suara pemuda di SBT ini cenderung tidak terdengar maka sudah saatnya generasi muda terlibat dalam pembangunan SBT melalui pilkada dengan menjadi kandidat wakil bupati,” ungkap Rumarei.

Baca Juga: Polres Malteng Jamin Sinergitas TNI Polri Tetap Terjaga

Menjadi bagi dalam kontestasi Pilkada SBT kata Rumarei, akan memberikan ruang bagi dirinya untuk menyuarakan kepentingan pemuda ditengah potensi sumberdaya alam SBT yang sangat melimpah.

Banyak sekali yang bisa diakukan melalui kolaborasi bersama pemkab dengan pemuda, seperti mendorong UMKM dengan memperbanyak investasi yang masuk ke SBT.

“Tantangannya terbesar hari ini di SBT yakni, persoalan pengangguran dan salah satu solusi yang saya tawarkan yakni, mendorong industri kreatif, karena kita tahu sekarang generasi muda ini  lebih dekat dengan industri kreatif,” ucap Rumarei.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten kedepan harus belajar dari Korea Selatan yang harus ini para generasi muda sangat maju dan mandiri dengan adanya industri kreatif yang didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten.

Selain itu, sektor parawisata juga harus didorong lebih masif mengingat letak geografis Kabupaten SBT yang memiliki potensi parawisata unggulan.

“Kita punya potensi ita punya potensi sektor parawisata yang potensial maka harus kita dorong pengelolaan dengan tentu menjadikan pemuda SBT sebagai pelaku utama dari promosi parawisata, sehingga mendatangkan pendapatan bagi daerah dan Masyarakat khususnya generasi muda,” pungkasnya.

Ditanya terkait dengan program strategis lainnya, Rumarei menegaskan jika dalam kapasitasnya sebagai bakal calon wakil bupati tentunya harus dikoordinasikan dengan bakal calon bupati sehingga menjadi visi dan misi bersama untuk membangun SBT yang lebih pintar, sehat, sejahtera dan berbudi luhur.

“Prinsipnya saya dan calon Bupati saya sangat membutuhkan kolaborasi dengan teman-teman muda untuk membawa SBT sebagai Kabupaten yang berdaya saing dengan mengakomodir kepentingan generasi muda.(S-20)