AMBON, Siwalimanews – Ribuan mahasiswa Universitas Pattimura mendapatkan pembinaan karakter dan mental serta spiritual yang berlangsung di Auditorium Unpatti, Senin (2/9).

Rektor Unpatti  Fredy Leiwakabessy yang membuka kegiatan mengatakan kegiatan itu diberikan untuk mengelola stres, kecemasan dan tekanan sehari-hari serta mendorong refleksi diri dan pertumbuhan spiritual yang positif bagi mahasiswa.

Menurutnya, perkembangan teknologi yang terjadi saat ini sangat memberikan dampak, terutama perubahan perilaku dan cara berpikir yang cenderung hedonis, individualis dan liberal.

“Ini menjadi tantangan bagi generasi muda, terutama mahasiswa sebagai penerus bangsa. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan salah satu solusi dengan harapan, mahasiswa tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tetapi penting memiliki karakter, mental, spiritual yang baik,” kata Rektor.

Dia menjelaskan, dalam menghadapi dinamika zaman yang semakin kompleks, maka dunia pendidikan tinggi memiliki tanggungjawab yang tidak hanya memberikan pengetahuan akademis, tetapi juga memberikan pembinaan karakter, mental dan spiritual, dan dilakukan secara berkesinam­bungan untuk menjadi pondasi kokoh bagi generasi muda menghadapi masa depannya.

Baca Juga: Group Kulit Kenari Bantu Media Pembelajaran di SDN 41 Ambon

Karena kekuatan mental dan spiritual lanjutnya, hanya bisa diwujudkan dengan pembinaan yang dilakukan secara terus-menerus dari semua komponen pembina, baik itu dosen, tenaga kependidikan, organisasi, unit kegiatan mahasiswa yang ada di perguruan tinggi.

“Sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, kita akan memba­ngun sinergitas dan kolaborasi dengan kelengkapan rohani yang kuat dalam rangka transformasi melalui pembinaan mental dan spiritual, karena transformasi dapat berjalan dengan baik ketika kita memiliki kekuatan rohani yang kuat,” jelasnya.

Dia berharap, pembinaan ini dapat memberikan kontribusi bagi mahasiswa secara langsung sehingga mahasiswa  menjadi pribadi yang memiliki potensi, beretika, berintegritas, percaya diri, inisiatif, memiliki empati, bekerja keras dan bertanggung jawab serta mampu bersaing untuk menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki karakter, mental dan spiritual yang baik.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh, para para Wakil Rektor, pimpinan fakultas, para tenaga pendidik, koordinator dan sub koordinator, serta diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas angkatan 2024. (S-25)