AMBON, Siwalimanews – Mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti  berhasil meraih juara 1 lomba debat hukum Polda Maluku, antar mahasiswa Fakultas Hukum yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara tahun 2024.

Lomba debat hukum itu berlangsung di Ruang Rapat Utama Markas Polda Maluku, Kamis (6/6) kemarin.

Debat dengan tema “Restorative Justice”, atau keadilan dalam sistem peradilan pidana yang fokus pada pemulihan, rekonsiliasi, dan restorasi hubungan itu,diikuti oleh Kristian M Maturbongs, Agnes A Sitanala, Ikha H R Khaliky.

Dengan keberhasilan ini, mereka akan mewakili Polda Maluku pada debat tingkat regional Indonesia Timur yang akan berlangsung dari tanggal 11-13 Juni 2024, di Makasar, yang rencananya akan diikuti oleh 10 Polda lainnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum, Johanis S F Peilouw memberikan apresiasi atas capaian mahasiswa Fakultas Hukum itu.

Baca Juga: Tertibkan Tambang Ilegal Gunung Botak, Polisi Terapkan Skema Penindakan

Menurutnya, dua isu yang diangkat dalam debat ini, yakni “Restorative Justice dan Penyebaran Berita Hoax” selama ini sudah dipelajari oleh mahasiswa. Sehingga itu menjadi bagian dari mereka dalam mengikuti ajang seperti ini.

“Kami memiliki unit kegiatan mahasiswa debat fakultas hukum. Jadi banyak kegiatan yang sering mereka lakukan, mereka setiap saat berlatih, mempelajari berbagai hal dan isu yang terkait dengan bidang ilmu hukum, sehingga berbagai ajang sering mereka ikuti. Dengan ini juga kita berharap mahasiswa tetap diberi kesempatan dan ruang untuk mengembangkan keilmuannya melalui berbagai lomba,”ujarnya.(S-25)