AMBON, Siwalimanews – Ketua KPU Maluku, M Shaddek Fuad memastikan pengadaan logistik surat suara pilkada serentak baik, untuk pemilihan gubbernur, bupati dan walikota yang dikerjakan salah satu perusahaan di Jakarta sejak beberapa pekan lalu, kini telah selesai dicetak.

“Untuk surat suara pilkada sudah selesai dan siap dikirim ke Ambon,” ujar Fuad kepada wartawan di Kantor KPU Maluku, Kamis (17/10).

Jajaran KPU dan kepolisian kata Fuad, telah berangkat menuju ke Jakarta untuk mempersiapkan proses pengiriman surat suara yang dijadwalkan besok, Jumat (18/10).

Surat suara yang dicetak sebanyak 1.332.149 lembar dan ditambah dengan 2.5 persen dari jumlah DPT yang telah ditetapkan KPU sebanyak 1.332.149 pemilih.

“Besok yang tiba itu hanya logistik surat suara saja, karena untuk segel, bilik suara, kota suara, tinta dan lainnya telah tiba beberapa waktu lalu,” jelas Fuad.

Baca Juga: Besok, Gereja Katolik Santa Lidia Banda Diresmikan

Menurutnya, berdasarkan infomasi logistik surat suara akan diterbangkan ke Ambon dengan menggunakan pesawat Herkules menuju Bandara Pattimura.

Sedangkan untuk pengadaan alat bantu tuna netra, dilakukan di Surabaya sehingga belum dapat dipastikan kapan tiba di Ambon untuk didistribusikan ke kabupaten/kota.

Kendati begitu, Faud memastikan seluruh logistik pilkada di luar surat suara akan tiba dalam waktu dekat dan dapat digunakan saat pilkada 27 November mendatang.

“Prinsipnya semua terus dikoordinasikan untuk alat bantu netra,” jelasnya.(S-20)