AMBON Siwalimanews – Brigjen (Mar) Said Latucinsina memastikan, dirinya tetap maju dalam kontestasi Pilkada Gubernur Maluku.

Penegasan ini disampaikan Latuconsina kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (29/7) merespon mutasi yang dilakukan Panglima TNI terhadap dirinya.

Latuconsina menjelaskan mutasi dalam jabatan, merupakan hal biasa dalam tubuh TNI AL, sehingga tidak perlu ditafsir bermacam-macam.

Mutasi tersebut, merupakan proses penyegaran dan regenerasi, mengingat dirinya telah beberapa tahun menjabat sebagai Komandan Lantamal IX Ambon.

“Bagi saya mutasi itu biasa dan sebagai prajurit TNI itu biasa. Jadi tidak perlu dipersoalkan,” tandas Latuconsina.

Baca Juga: Pangkas Anggaran Pilkada, DPRD Warning Penjabat Bupati Buru

Bahkan mutasi yang terjadi kata Latuconsina, bukan berarti dirinya berhenti atau mengundurkan diri dalam proses kontestasi Pilkada Gubernur Maluku.

Pasalnya, proses telah berjalan dan saat ini sedang menunggu rekomendasi dari partai politik, sehingga walaupun dirinya dimutasi, tapi tetap maju di Pilkada Maluku.

“Tidak berpengaruh, proses sudah jalan jadi saya tetap maju,” tegas Latuconsina.

Ditanya soal proses di PDIP sendiri seperti apa, Latuconsina mengaku optimis akan mendapatkan rekomendasi PDIP untuk maju sebagai calon Gubernur Maluku.

“Hidup itu harus optimis, jangan pesimis, jadi saya tetap optimis dapat dari PDIP,” ucap Latuconsina.

Untuk diketahui, panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi terhadap 256 perwira tinggi dan didalamnya termasuk Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjend (Mar) Said Latuconsina.

Latuconsina dimutasi menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Laut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep : 851/VII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan TNI.(S-20)