AMBON, Siwalimanews – Kuota penerimaan siswa baru SMA Siwalima tahun ajaran 2024/2025 mengalami peningkatan.

Ketua Komisi IV DPRD Maluku Samson Atapary kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (25/6) menjelaskan, pihaknya telah memanggil Dinas Pendidikan guna mengkonfirmasi langsung penerimaan siswa baru di sekolah tersebut.

Berdasarkan data sebelumnya, kuota siswa baru SMA Siwalima sebanyak 142 siswa, namun mengalami peningkatan menjadi 152 siswa.

“Tadi kita lakukan evaluasi terhadap penerimaan siswa baru dan diketahui ada penambahan dari 142 menjadi 152 orang karena terdapat sepuluh siswa berprestasi jalur afirmasi yang diseleksi oleh Kementerian Pendidikan,” ungkap Samson.

Dijelaskan, pemerintah daerah hanya menyeleksi 142 siswa berprestasi yang berasal dari 11 kabupaten/ kota dengan pembiayaan seluruh tercover dalam APBD Maluku. Sedangkan 10 siswa berprestasi jalur afirmasi yang diseleksi oleh Kementerian Pendidikan akan ditanggung penuh oleh kementerian, kecuali asrama.

Baca Juga: Samloy Soal Video Asusila: Ada Perubahan Tren Negatif

“Kita tadi juga ingin memastikan dengan penambahan kuota itu apakah mempengaruhi di asrama atau tidak, karena kementerian tidak menanggung tempat tinggal, tapi hanya biaya makan dan pendidikan, tapi ternyata tidak berpengaruh,” ujar Samson.

Selain itu, Komisi IV juga minta penjelasan terkait ketersediaan ruang kelas bagi siswa di sekolah tersebut dengan adanya penambahan kuota, namun dari penjelasan Dinas Pendidikan, bahwa ruang kelas masih representasi,.

“Untuk ruang belajar tidak berpengaruh, sebab standar siswa per kelas itu sebanyak 36 siswa,” jelasnya.

Samson berharap, penyelenggara pendidikan di SMA Siwalima dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya persoalan seperti tahun-tahun sebelumnya.(S-20)