AMBON, Siwalimanews – Sampai dengan, Kamis (29/8) pukul 23.59 WIT, KPU Kepulauan Tanimbar akhirnya menetapkan lima bakal pasangan calon yang terdaftar sejak dibuka pendaftaran 27-29 Agustus kemarin.

Kelima pasangan calon tersebut yakni Adolof Bormasa – Hendrikus Serin,  Boy Uwuratuw – Polly Lalamafu, Piterson Rangkoratat – Jauhari Oratmangun – Melkianus Sairdekut – Kelvin Keliduan dan Ricky Jauwerissa – Juliana Ratuanak.

Sampai dengan penutupan pendaftaran hanya lima pasangan yang mendaftarkan diri serta memenuhi syarat pencalonan pada aplikasi Silon. Dengan demikian KPU mengesahkan kelimanya sebagai bakal pasangan calon untuk mengikuti tahapan lanjutan sampai pada penetapan bapaslon menjadi paslon yang akan bertarung pada pilkada 2024-2029 medio November nanti.

Sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yakni Dharma Oratmangun dan Agustinus Utuwaly kata Srue gagal mendaftarkan diri.

“Untuk satu pasangan calon lainnya yakni Dharma Oratmangun – Agustinus Utuwaly gagal mendaftarkan diri. Sebab sampai pada pukul 23.59 WIT tak ada berkas pengajuan yang didaftarkan masuk pada aplikasi SILON sehingga KPU menganggap mereka tak terdaftar karena tak ada berkas yang kami terima, “ ungkap Ketua Divisi Teknis Penyelengara KPU Tanimbar Oliver Srue kepada Siwalimanews di Ambon, Jumat (30/8).

Baca Juga: Oersipuny-Saleh Daftar ke KPU

Sementara itu ditanya terkait dua bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yakni Piterson Rangkoratat dan Juliana Ratuanak yang notabene masih berstatus ASN Srue menjelaskan, keduanya telah memasukkan dokumen pengunduran diri saat mendaftar.

“Jadi memang keduanya masih berstatus ASN sebab sampai saat ini belum ada dokumen terkait dari pihak berwenang yang menyatakan mereka telah mengundurkan diri. Namun saat mendaftarkan diri melalui pasangan calon masing masing, keduanya telah memasukkan surat keterangan pengunduran diri.

“Melalui surat itu kita akan menunggu pejabat berwenang untuk mengeluarkan bukti bahwa keduanya benar-benar telah mengundurkan diri dari ASN, “ cetus Srue

Usai lima pasangan calon disahkan untuk pilkada KKT nanti kata Srue, hari ini ada satu bakal pasangan calon yang melakukan pemeriksaan kesehatan, sementara besok ada tiga bakal pasangan calon akan melangsungkan pemeriksaan kesehatan, dan yang satu bakal pasangan calon diagendakan melakukan pemeriksaan pada Senin (2/9) mendatang. Pemeriksaan kesehatan dipusatkan di RSUD dr. M Haulussy Ambon.

“Karena baru tiba tadi (Hari ini) sehingga jadwal pemeriksaan terhadap bakal pasangan calon akan berlangsung di besok, Sabtu (31/8) dimulai pukul 8.00 WIT bertempat di RSUD dr. M Haulussy  Ambon,” tandasnya Srue.(S-26)