AMBON, Siwalimanews – Dalan rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Ambon 27 November mendatang, maka KPU Kota Ambon menggelar sosialisasi tentang peran strategis masyarakat dalam pilkada.

Sosialissi yang berlangsung disalah satu hotel, Minggu (30/6) itu turut melibatkan perwakilan dari seluruh elemen masyarakat, seperti raja/kades dan lurah se-Kota Ambon, perwakilan parpol, OKP, jurnalis.

Kegiatan yang dikemas dalam dialog itu juga menghadirkan tiga Narasumber, yakni Amir F Kotaromalos (akademisi Unpatti) yang membawakan materi tentang Partisipasi Politik dan Penguatan Demorasi Elektoral di Aras Lokal.

Muhammad Yani Kubangun dengan materinya tentang Peran Media Dalam Menangkal Hoaks Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Ambon tahun 2024, dan Mantan Komisioner KPU Kota Ambon 2019-2024, Yasmin Kamsurya dengan materinya tentang Refleksi Pemilu 2024 serta Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2024.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud dalam sambutan menuturkan, pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November, maka terkait proses demokrasi itu, warga Kota Ambon telah memiliki pengalaman yang baik dalam penyelenggaraan pemilu, khususnya pada pileg dan pilpres kemarin.

Baca Juga: Peserta PKA BPSDM Maluku Studi Lapangan di Tangerang

“Kita telah selesai melaksanakan pileg dan pileg kemarin dengan telah ditetapkannya 35 anggota DPRD Kota Ambon terpilih, dan Presiden-Wakil Presiden pasca diputuskannya sengketa hasil pemilu oleh MK dan prinsipnya, Pemilu 2024 kemarin berjalan aman, damai dan lancar, itu menjadi modal penting untuk menghadapi pilkada 27 November mendatang,”ujarnya.

Untuk itu kata dia, dalam pilkada November  nanti, bukan saja menjadi tanggungjawab KPU selaku penyelenggara, tetapi ini harus menjadi tugas semua stakeholder dan seluruh elemen masyatakat.(S-25)