AMBON, Siwalimanews – Kesekian kalinya, kota dengan tajuk Manise meraih penghargaan baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun dari pihak swasta.

Penghargaan yang diterima kali ini yakni Daerah Peduli Inovasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata yang diberikan oleh Kompas TV kepada Pemerintah Kota Ambon.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan berupa piagam kepada Penjabat Walikota Ambon, Doming­gus Kaya saat puncak HUT ke-13 Kompas TV yang diselenggarakan di Convention Center The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Rabu (11/9).

Menparekraf lewat siaran pers kementerian mengatakan, sektor ekraf akan menjadi masa depan Indonesia, sehingga pelaku usaha utamanya generasi muda diharapkan mampu berperan sebagai katalisator keberlangsungan ekonomi kreatif di tanah air.

“Saat ini ekonomi kreatif Indonesia mencapai angka 1,4 triliun rupiah. Menempatkan Indonesia pada posisi ketiga dunia untuk negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ke PDB. posisi pertama ditempati Amerika dengan Hollywood dan posisi kedua Korea Selatan dengan K-Pop dan K-Drama,” kata  Sandiaga.

Baca Juga: Kejati Maluku Terbaik Ketiga di PUPT

Dalam mendorong hal tersebut, konten-konten yang dihadirkan pada produk ekraf tentunya me­ngutamakan keotentikan, relevansi, dan menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

“Saya melihat content is a king, tapi packaging is a queen. kalau content ketemu packaging akan menjadi a kingdom. dan kunci menuju kingdom adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi,” terangnya.

Karena itu dirinya sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada Kota Ambon dan juga beberapa kota kabupaten lain di Indonesia yang begitu bersemangat dalam meningkatkan kepedulian terhadap inovasi ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

Untuk itu ia berharap inovasi tersebut dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan demi kesejah­teraan masyarakat.

Sementara itu Walikota Kaya mengaku bersyukur atas peng­hargaan yang disematkan kepada Kota Ambon dari Kompas TV.

“Semua lini, baik pemerintah maupun masyarakatnya dapat terus berkolaborasi dan saling men­dukung dalam peningkatan inovasi dan kreatifitas untuk mengem­bangkan perekonomian di Kota Ambon,” ujar Kaya.

Ia menyebut Kota Ambon tidak akan berhenti, namun akan terus bekerja, demi Kota yang lebih inovatif, lebih kreatif, terlebih khusus untuk ekonominya, pem­berdayaannya sehingga bisa memberikan kemajuan dan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Hadir pada kegiatan itu Penjabat Ketua TP-PKK Kota Ambon, Dessy Kaya serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. (S-29)