AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Kota Ambon mengecek kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di delapan desa dan satu negeri yang akan berlangsung pada, Kamis (8/4).

“Hari ini kita melakukan pengecekan terhadap sejauh mana kesiapan dari delapan desa diantaranya Wayame, Poka ,Hunuth, Nania, Wlaiheru, Latta, Galala, serta satu negeri yakni Hatiwe Kecil dalam pelaksanaan pilkades serentak,” ucap Ketua Komisi Zeth Pormes di sela-sela kunjungan di Desa Galala, Rabu (6/4) .

Menurutnya dari hasil pengawasan ini, diketahui persiapannya sudah 95 persen oleh panitia maupun pemerintah desa dan negeri.

“Kita pastikan pilkades akan berjalan dengan lancar dan aman, bahkan dari segi kesiapan teknis penganggaran semuanya sudah siap,” jelasnya.

Mantan Ketua Fraksi Partai Golkar itu mengaku, saat melakukan peninjauan adapun kendala-kendala teknis yang disampaikan,  namun bisa teratasi dengan membawa KTP pada tingkat desa maupun TPS.

Baca Juga: Afifudin : Proyek Preservasi Jalan Pulau Ambon Hamburkan Uang

“Untuk masyarakat yang saat validasi data ,mereka tidak terdaftar pada data pemilih sementara (DPS) maupun data pemilih tetap (DPT) sehingga ada surat edaran dari pemkot  bahwa yang tidak terdaftar namun sudah memiliki KTP dan sudah berdomisili lebih dari 6 bulan di desa, maka bisa membawa KTP pada tingkat desa maupun TPS menggunakan hak suaranya, ujarnya.

Disinggung soal pemilih yang belum berusia 17 tahun namun hak suaranya diberikan, Pormes mengaku, terkait informasi ini jika memang pemilih tersebut sudah menikah meskipun belum 17 tahun itu tidak apa-apa bisa menggunakan hak pilihnya, namun jika belum 17 tahun namun hak pilihnya ada, maka itu tidak bisa karena aturannya jelas.

“Nanti kita kroscek lagi terhadap masalah ini,” janjinya.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase atas kerja keras bersama tim panitia kota dan juga walikota dan wakil walikota , begitupun ucapan yang sama disampaikan kepada seluruh pejabat desa dan juga pihak panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Ketua Panitia Pilkades Wayame Fentje Toule mengaku, kendala terkait hal-hal teknis tidak ada sejauh ini, sebab semua persiapan berjalan dengan baik.

“Untuk pemilih semua diatas 17 tahun sesuai dengan perwali, karena kita terbitkan DPS dulu yang di kelola oleh masing-masing RT/RW kemudian ditetapkan menjadi DPT, Jumlah pemilih di Desa Wayame sebanyak 3.981 pemilih ,” ucapnya.

Ditempat berbeda Ketua Panitia Pilkades Negeri Hative Kecil Ongen Patipawae menjelaskan, di Hative Kecil terdapat 18 TPS dan kesiapannya sudah 90 persen dan tinggal menunggu logistik dari Pemkot Ambon , untuk kemudian akan distribusi ke setiap TPS.

“Jumlah pemilih sudah dicatat dengan baik,dan jika belum terdaftar bisa membwa KTP untuk melakukan pencoblosan di TPS,” jelasnya .(S-21).