AMBON, Siwalimanews – Komando Daerah Militer Pattimura tak lagi gunakan angka XVI dibelakang nama komando.

Pasalnya, berdasarkan nomenklatur terbaru  yang dikeluarkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat  Kodam Pattimura kini menyadang nomenklatur baru yakni Kodam XV Pattimura.

“Nomenklatur Kodam Pattimura sekarang sudah berganti, yang semula Kodam XVI Pattimura kini jadi Kodam XV Pattimura,” jelas Kapendam XV Pattimura Kolonel Arh Agung Sinaring dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (14/5).

Tak hanya nama satuan kata Kapendam, HUT Kodam juga berubah, yang semula pada 15 Mei 1999 diubah menjadi 27 Mei 1957.

“Perubahan ini berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Kep /155/II/2024 tanggal 28 Februari tentang Perubahan Hari Jadi dan Nama Satuan XV Pattimura,” ungkap Kapendam.

Baca Juga: Kunjungi Ambon, Anggota DPRD Baubau Temui Warga Buton

Perubahan nama satuan dan HUT Kodam XV Pattimura menurut Kapendam, merupakan hasil sarasehan yang dilaksanakan pada 27 Juni 2023 lalu di aula Slamet Riyadi Makorem 151 Binaiya.

“Sarasehan ini melibatkan para sesepuh Kodam Pattimura, akademisi, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, dimana hasil sarasehan tersebut selanjutnya disarankan ke Kasad dan disetujui dengan menerbitkan surat keputusan Kasad tersebut,” jelas Kapendam.(S-10)