AMBON, Siwalimanews – Untuk mewujudkan pelaksana­an Pilkada serentak tahun 2024 berjalan aman dan damai, Kodam XV Pattimura akan mengerahkan sebanyak 2562 Personel yang akan terlibat dalam pengamanan pilkada nanti.

Untuk memastikan kesiapan personel, Kodam Pattimura melak­sanakan apel gelar pasukan yang dipimpin Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial didampingi Kapolda Maluku, Irjen Eddy Sumitro Tambunan, di Makoyonif 733/Masariku, Waiheru, Kecamaran Baguala, Ambon, Selasa (13/8/).

Apel gabungan dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 pada November men­datang, diikuti 525 personel gabungan TNI-Polri.

Pangdam dalam sambutannya, mengatakan, sebagai aparat TNI-Polri tentunya memiliki andil yang penting dalam mengamankan Pilkada, sehingga harus memiliki kesiapan yang optimal dan memo­nitor perkembangan update situasi di wilayah, guna menjaga kelan­caran dan kesuksesan Pilkada nantinya, sesuai dengan tugas TNI yang tercantum dalam UU 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dirinya meminta kepada semua unsur yang terlibat dalam penga­manan Pilkada, untuk mempedo­mani SOP dan Protap yang telah diinstruksikan oleh pimpinan, serta memegang teguh netralitas dan santiaji.

Baca Juga: BTN-ARY Terima Rekomendasi Partai Demokrat

“Mari kita bersama-sama men­jaga kondusifitas dan stabilitas keamanan dalam menghadapi Pilkada serentak di Provinsi Ma­luku, agar pelakasanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan ataupun gejolak yang berarti kita semua bersaudara, basudara Pattimura”, ajak Pangdam.

Dalam pengamanan Pilkada 2024 di Maluku nanti, lanjutnya, Ko­dam menyiapkan sebanyak 2.562 personel yang terdiri dari 1.962 personil yang terlibat langsung dan 600 personil cadangan.

“Untuk membantu pengamanan Pilkada 2024 di Maluku kami menyiapkan kurang lebih 1.962 personil TNI untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pil­kada 2024, dan menyiapkan personel cadangan kurang lebih 600 orang yang digunakan se­waktu-waktu jika ada perubahan situasi, beserta alutsista yang diperlukan,” ujar Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda dalam sambutannya mengatakan, kesuksesan Pilkada bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat saja tetapi juga semua pihak.

Kapolda meyakini kerja sama yang kuat antara TNI-Polri dan sinergitas yang solid dengan semua instansi serta masyarakat dapat menjamin proses demo­krasi ini berjalan lancar. (S-10)