AMBON, Siwalimanews – Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berjanji akan memasok bahan bakar minyak jenis solar untuk membantu nelayan di Kota Ambon. Hal itu sebagai upaya memastikan ketersediaan solar bagi para nelayan Ambon yang lokasi­nya akan didirikan Lumbung Ikan Na­sional (LIN).

LIN akan menjadi lokasi pengumpulan ikan dari setiap daerah di Maluku yang kemudian akan di ekspor ke luar negeri. Oleh sebab itu, kedatangan eks Gubernur DKI Jakarta itu untuk memastikan ketersediaan solar bagi para nelayan.

“Kedatangan kami ke Ambon ini, salah satunya karena Ambon akan menjadi LIN. Makanya kita mau pastikan solar untuk nelayan,” ungkap Ahok di Ambon, Senin(1/11).

Ahok mengaku pihaknya telah mendiskusikannya dengan Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Febby Maail, dimana nantinya akan ada pengadaan penambahan SPBU khu­sus kepada para nelayan yang mem­butuhkan solar untuk mencari ikan.

“Makanya kita mau dorong, di tempat-tempat nelayan. Tadi ada ibu Kadis Perikanan kita bilang udahlah dari koperasi nelayannya yang betul bisa dijemput, bikinlah SPBU untuk nelayan,” katanya.

Baca Juga: Pendidikan di Desa Waemite Butuh Perhatian

Ahok memastikan melalui penga­daan SPBU khusus kepada nelayan, akan mendapat penambahan pada pendapatan kas daerah yang selama ini hanya didapatkan dari sektor lain, seperti  jasa, bangunan, dan papan reklame. “Mungkin dengan ini, kita bisa buat peraturan tidak boleh isi minyak di luar, sehingga akan menambah income untuk daerah,” pungkasnya. (S-52)