TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya diminta segera mela­kukan penertiban terhadap hewan warga yang berkeliaran di dalam Kota Tiakur.

Keberadaan hewan milik ma­syarakat tersebut menurut Ketua KNPI MBD, Wemmpi Homes Karey mengganggu kenyamanan dan kebersihan.

“Kami minta perhatian pemda penertiban hewan ternak yang masih berkeliaran di dalam Kota Tiakur. Itu kan kota, jadi mari kita semua menjaga kebersihan ko­tanya,” ujarnya kepada Siwalima, Senin (5/8).

Ia juga meminta kepada warga pemilik hewan ternak dapat mengandangkan peliharaan mereka dan bukan dibiarkan berkeliaran.

“Mestinya ternak ini dipelihara di tempat masing-masing bukan dibiarkan berkeliaran. Sebab, setiap penerbangan, itu banyak tamu yang datang di Tiakur, bagaimana tanggapan mereka kalau hewan ternak masih berkeliaran di dalam Kota?. Itu yang butuh perhatian kita bersama,” pintanya.

Baca Juga: Kapolda Diminta Cekatan Tangani Masalah Hukum

Pemerintah juga menurutnyam harus membuat semacam larangan kepada pemilik ternak sehingga dapat mengandangkan hewan peliharaan masing-masing.

“Kalau ada ternak warga yang masih berkeliaran di dalam Kota, ditertibkan saja biar perluh di tembak mati saja, karena kalau dibiarkan, Kota Tiakur itu terlihat seperti kita ke Gunung Kerbau. Jadi banyak kotoran yang bertebaran di jalanan. Itu kan bikin kota seakan seperti kampung-kampung kumuh yang tidak ada aturannya,” ujarnya.

Dirinya juga mendesak kepada warga khusus bagi pemilik hewan ternak untuk dapat memelihara hewan ternaknya pada tempat peliharaan.

“Kalau menjadi warga kota itu taat aturan, jangan kebal aturan. Ini kota, yang harus pemda dan warganya menjaga kebersihan kotanya,” urainya.(S-28)