AMBON, Siwalimanews – Ketua Umum Himpunan Advokat Indonesia (HAPI) Didi Tasidi diusulkan menduduki jabatan sebagai Kepala Kejaksaan Agung menggantikan ST Burhanuddin.

Dukungan kepada Tasidi diberikan oleh puluhan advokat Maluku yang menamakan dirinya sebagai pemerhati hukum provinsi maluku yang didalamnya adalah Ketua LBH, LSM dan DPD HAPI Maluku.

Puluhan advokat kemudian menandatangani surat dukungan kepada Tasidi, Rabu (7/8) kepada pemerintahan yang baru.

Dimana dalam surat itu, mereka memohon kepada Presiden terpilih,  Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming, kiranya dalam memilih dan melantik Didi Tasidi sebagai Jaksa Agung periode 2024-2029.

“Selaku Ketua Umum HAPI, Didi Tasidi adalah figur yang yang punya integritas dan dedikasi yang tinggi dalam penegakan hukum,” kata Ketua YLBHI Maluku Henry S Lusikooy kepada wartawan di Ambon di sela-sela penandatangan surat dukungan.

Baca Juga: Paskibra MBD Masuk Pusat Pelatihan 

Sebelumnya, Ketua DPD HAPI Maluku, Anthoni Hatane juga meyakini, Ketua Umum mereka itu mampu memimpin Kejaksaan Agung secara konsisten tanpa dibebani kepentingan politik.

Menurut Hatane, sejarah pemerintahan, Jaksa Agung tiga kali dipimpin oleh figur yang berlatar belakang partai politik, seperti Marzuki Darusman, Baharuddin Lopa dan Muhammad Prasetyo.

“Kami berkeinginan orang yang akan mengisi jabatan itu nantinya, adalah figur yang benar-benar jauh dari kepentingan partai politik,” tandasnya. (S-25)