SAUMLAKI, Siwalimanews – Kepala BPKAD Kabupa­ten Kepulauan Tanimbar, James Ronald Watumlawar dilantik sebagai penjabat sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pelantikan dan pengam­bilan sumpah/janji terhadap Watumlawar dipimpin oleh Pj Bupati Tanimbar Alwiyah Fadlun Alaydrus, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Ruben Moriol­kossu pasca ditahan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Pelantikan tersebut ber­lang­sung di Gedung Natar­kaumpu, Saumlaki, Kabu­paten Kepulauan Tanimbar, Selasa (24/9).

Pj Bupati Tanimbar, Alwi­yah Fadlun Alaydrus dalam sambutannya mengungkap­kan, James Ronald Watum­lawar, Kepala BPKAD dilan­tik sesuai SK Nomor: 800.1.3.3­-1431-Tahun 2024 tentang pengangkatan pen­jabat sekretaris daerah Kabu­paten Kepulauan Tanimbar.

Dikatakan, momentum pelantikan ini menandai meningkatnya tanggung jawab dalam melaksanakan amanah sebagai penjabat Sekda KKT yang dapat dipercaya dan dapat menjalankan peran secara profesional dan proporsional sehingga tugas dan fungsi yang telah ditentukan dapat terlaksana secara optimal.

Dijelaskan, pelantikan Pejabat Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pejabat Sekretaris Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 Tahun 2019 tentang Penunjukan Sekretaris Daerah.

Hal ini menunjukkan bahwa penetapan Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah menaati asas yang menghendaki agar setiap tindakan administrasi negara harus didasarkan atas undang-undang dan hukum.

Dia menegaskan, jabatan pejabat sekda memiliki peran yang sangat sentral karena berkewajiban memimpin sekretariat daerah, serta membantu pejabat bupati dalam menyusun kebijakan, menata birokrasi aparatur dan membina hubungan kerja dengan aparatur di jenjang bawah.

“Oleh karena itu saya berharap, saudara pejabat sekda harus menghadirkan apa yang disebut dengan living government yakni sebuah organisasi birokrasi yang tidak sekedar tetapi, memiliki makna karena ia memiliki posisi fungsi tugas hak dan kewajiban dalam memimpin organisasi perangkat daerah di bawahnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Alaydrus mengajak seluruh elemen masyarakat jajaran Forkopimda di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk memberikan dukungan kepada pejabat sekda dalam melaksanakan tugasnya.

Ditambahkan, khusus bagi pimpinan OPD dan aparatur dibawahnya agar bisa membangun kerja sama yang baik dengan pejabat sekda, sehingga pelaksanaan tugas pemerintahan pembangunan pelayanan publik dapat berjalan dengan baik, demi terwujudnya Tanimbar yang lebih baik.

“Pada kesempatan ini pula, waktu saya sampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada saudara Agustinus yang telah melaksanakan tugas sebagai pelaksana tugas sekda selama beberapa bulan sejak kekosongan jabatan sekda,” ujarnya. (S-26)