BULA, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas membuka pameran keliling Museum Siwalima yang dipusatkan di halaman SMA Negeri 1 Bula, Jumat (7/7).

“Pameran keliling menjadi bagian untuk menanamkan nilai-nilai budaya kepada masyarakat,” kata bupati dalam sambutan yang diba­cakan Wakil Bupati Idris Rumalutur ketika membuka pemaran tersebut.

Ia menjelaskan fungsi museum sebagai pusat dokumentasi dan penelitian ilmiah. Selain itu sebagai pusat penyaluran ilmu dan umum.

Pemeran ini juga bisa menjadi objek pariwisata dan memberikan penguatan dan membuka wawasan serta pemahaman dari suatu refleksi sejarah budaya bangsa di Maluku,” tegasnya.

Berdasarkan pengamatan sejarah, Maluku memang terkenal dengan cengkih dan pala, sehingga disebut juga pulau rempah-rempah.

Baca Juga: Gelombang Tinggi, Beberapa Kapal Pelni Tunda Keberangkatan

Manusia Maluku yang pada awalnya sangat bersahaja, lambat laun mengalami interaksi dan akulturasi budaya luar yang sangat kuat dalam perjalanan panjang sejarahnya.

Hal itu dapat dibuktikan dengan di pamerkannya benda-benda koleksi cagar budaya Maluku dari masa ke-masa yang di simpan di Museum Siwalima Ambon.

“Saya mengapresiasi pameran keliling Museum Siwalima yang bertemakan sejarah dan kebudayaan Maluku di Kabupaten SBT,” tandasnya. (Mg-1)